Fitur Baru Facebook Buat Foto dapat Bergerak

By on December 27, 2015
3. Fitur Baru Facebook Buat Foto Dapat Bergerak 1

Facebook kembali menghadirkan inovasi baru untuk aplikasi mereka. Fitur baru ini hanya dibuat untuk aplikasi khusus iOS. Pada update terbaru untuk aplikasi Facebook di iOS, Facebook tidak hanya memberikan peningkatan dan perbaikan pada aplikasi ini. Namun, mereka juga memberikan fitur baru Facebook bernama “Live Photos”.

Seperti informasi yang dilansir The Verge pada Jumat, 25 Desember 2015, Facebook membuat penampilan antar muka yang baru dengan adanya fitur ini. Pengguna akan dapat mengunggah gambar bergerak seperti gambar dengan format GIF dengan tool baru ini. Pengguna aplikasi Facebook untuk iOS nantinya akan menemukan ikon Live Photos yang terletak pada bagian bawah foto. Ketika memilih gambar atau foto yang diinginkan, lalu memilih ikon ini, maka gambar tersebut akan bergerak seperti animasi GIF.

Sayangnya, update ini hanya tersedia untuk pengguna perangkat Apple dengan iOS diatas iOS9. Artinya, bila Anda ingin mendapatkan tool unik ini, Anda harus menggunakan perangkat, setidaknya iPhone 6S atau 6S Plus.

Di lain sisi, fitur Live Photos yang diusung Facebook ini sebenarnya bukanlah fitur baru atau asli dari Facebook sendiri. Fitur baru Facebook ini merupakan salah satu fitur baru dari Apple yang diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran dua produk terbaru mereka iPhone 6S dan 6S Plus pada September 2015 lalu.

Cara kerja fitur ini sendiri sebenarnya cukup sederhana. Saat pengguna iPhone mengambil foto, maka perangkat ini akan mulai mengambil gambar 1 detik sebelum gambar terambil dan setengah detik setelah terambil.  Hal inilah yang membuat hasil foto yang diambil terlihat bergerak seperti animasi gambar dengan format GIF.

Gambar bergerak ini juga dapat digunakan untuk wallpaper semua produk Apple. Artinya, Anda dapat menggunakan gambar bergerak ini untuk later belakang iPhone atau Apple Watch.

Meskipun Facebook sudah mengumumkan secara resmi akan meluncurkan fitur baru ini, namun belum ada informasi detail mengenai apakah fitur ini juga hadir pada gadget Android. Tetapi, bila melihat pengguna Android yang juga cukup banyak, kemungkinan besar fitur ini juga akan hadir di OS ini. Hanya saja, fitur baru ini tidak akan menggunakan Live Photos seperti yang ada pada iOS. Kemungkinan, akan menggunakan tool baru yang dapat bekerja serupa dengan fitur Live Photos di iOS.

Belum ada informasi detail mengenai apakah fitur ini akan dapat digunakan pada foto profil akun Facebook pengguna. Memang, sebelumnya, pihak Facebook mengumumkan adanya fitur baru yang membuat foto profil pengguna dapat bergerak layaknya animasi GIF. Namun, tidak dijelaskan apakah fitur tersebut merupakan salah satu fungsi dari Live Photos ini atau tidak. Kemungkinan besar, fitur sebelumnya diperuntukkan untuk Android dan fitur baru Facebook ini untuk gadget Apple.

Fitur Baru Facebook

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *