File APK Untuk Instalasi Aplikasi Android

By on December 29, 2013
4.File APK Untuk Instalasi Aplikasi Android1

Ponsel pintar sudah semakin menjamur di pasaran dan tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah pengguna ponsel pintar di seluruh dunia pun semakin banyak. Nah, dari sekian banyak file yang bisa Anda temukan dalam aplikasi Android, Anda mungkin sudah mengenal file APK, Android Package. Jika Anda juga menggunakan komputer berbasis Windows, Anda mungkin akan menemukan kemiripan antara file ini dengan file rar atau zip.

Nah, ketika Anda ingin menginstal sebuah aplikasi dengan menggunakan file ini, cara yang harus Anda tempuh mungkin sedikit berlainan dengan cara menginstal file yang ditawarkan melalui Android Market. Ada cara yang bisa Anda gunakan untuk menginstal aplikasi dengan file APK jika ponsel pintar atau tablet Anda tidak mempunyai akses ke Android Market. Anda tidak perlu khawatir karena cara menginstal aplikasi dalam bentuk file ini pun cukup mudah.

Ada dua pilihan cara yang bisa Anda gunakan untuk menginstal aplikasi dengan format APK. Pilihan pertama adalah dengan melakukan instalasi aplikasi melalui Android Market. Untuk itu, Anda hanya perlu mengkopi file dalam format APK yang ingin Anda instal ke perangkat Android Anda ke dalam kartu memori yang kemudian akan dimasukkan ke dalam perangkat Android Anda.

file apk android

Selanjutnya, Anda bisa pergi ke Android Market dan mencari aplikasi Apps Installer, Fast Installer, maupun z-App Installer serta membukanya dan menekan pilihan tombol instal. Begitu aplikasi tersebut sudah terinstal di dalam ponsel Android Anda, aplikasi tersebut akan menunjukkan file dalam format APK yang disimpan dalam direktori root dalam kartu memori. Sesudah file dalam format APK tersebut terlihat, Anda tinggal mengklik file aplikasi yang Anda inginkan untuk melakukan proses instalasi.

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menginstal file APK adalah dengan menggunakan Android SDK. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa menginstal file dengan format APK dengan cara ini adalah dengan menginstal Android SDK terlebih dahulu pada komputer Anda. Selama proses instalasi, Anda juga akan membutuhkan driver Android USB yang berguna sebagai sambungan antara SDK ke ponsel melalui USB.

Akan tetapi, Anda akan memerlukan pengaturan-pengaturan lain apabila Anda ingin menginstal aplikasi dari sumber yang berbeda. Pengaturan yang diperlukan adalah dengan memilihSettings kemudian Anda harus memilih Application Settings. Sesudah itu, Anda hanya perlumengatur dengan memilih Enable Unknown Sources.

Selanjutnya, Anda perlu mengklik Settings kemudian memilih SDCard and Phone StoragedanDisable Use for USB Storage. Anda tidak perlu khawatir karena fungsi ini bisa Anda aktifkan kembali setelah proses instalasi file dalam format APK tersebut selesai. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka Command Prompt dan mengetik adb path/file.apk. aplikasi tersebut sudah sukses terinstal dengan mengklik tombol enter.

file apk android

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *