Fakta Mengejutkan Mengenai Penyadapan Yahoo

By on March 3, 2014
2.Fakta Mengejutkan Mengenai Penyadapan Yahoo1

Berita mengejutkan datang dari Yahoo. Menurut berita yang dilansir oleh Koran Guardian, Yahoo telah disadap oleh Badan Intelijen Inggris GCHQ. Bayangkan saja, penyadapan Yahoo ini dilakukan kepada jutaan penggunanya di seluruh dunia.

Mengetahui hal ini, Yahoo menyatakan bahwa pihaknya menyangkal tuduhan tersebut. Pihaknya menambahkan bahwa penyadapan gambar kamera web ini sebagai pelanggaran privasi yang tidak bisa diterima.

Lalu, apa saja yang berhasil ditemukan oleh Intelegen Inggris? Menurut informasi, GCHQ menemukan beberapa dokumen rahasia, gambar-gambar eksplisit dan seksual. Sebenarnya, hasil tersebut diperoleh secara tidak sengaja.

Menurut mereka, penyadapan Yahoo ini merupakan tindakan yang berdasarkan hukum sehingga sah untuk dilakukan. Faktanya, operasi penyadapan ini yang disebut dengan operasi Optic Nerve ini didukung oleh Badan Keamanan AS, NSA.

Dari operasi ini, GCHQ berhasil mengumpulkan banyak sekali gambar mulai dari periode 2008 hingga 2010. Perlu Anda tahu, dalam periode 6 bulan di tahun 2008 saja, intelegen Inggris ini berhasil mengumpulkan 1.800.000 gambar dari pengguna di seluruh dunia. Salah satu yang mengejutkan dari temuan tersebut adalah banyaknya konten seksual.

Laporan tersebut merupakan dokumen rahasia namun telah dibocorkan oleh Edward Snowden. Dengan adanya laporan penyadapan Yahoo ini, maka dapat disimpulkan bahwa konten eksplisit dan seksual semacam itu masih bisa ditangkap oleh sistem yang mereka rancang.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pernah melakukannya? Tentu Anda harus berhati-hati. Menurut temuan tersebut banyak dari pengguna yang menggunakan percakapan kamera web untuk menunjukkan bagian tubuh pribadi mereka kepada lawan bicara virtualnya.

yahoo disadap, website, yahoo, webcam yahoo

Fakta mengejutkan lain adalah adanya kemungkinan peranti ringan Yahoo digunakan lebih dari satu orang untuk melihat konten kamera tanpa mengirimkan konten balik. Hal ini menunjukkan bahwa kamera web kerap kali digunakan untuk menyiarkan pornografi.

Dengan tegas Yahoo menyangkal hal tersebut bahkan pihaknya menuntut adanya reformasi Undang-Undang penyadapan. Menurut mereka, yang ditulis melalui email, mereka tidak tahu menahu mengenai praktek-praktek semacam itu.

Bahkan mereka secara tegas mengatakan bahwa pihak Yahoo tidak mengetahui atau bahkan mendukung aktivitas yang dilaporkan oleh intelegen Inggris tersebut. Tentu saja, penyadapan Yahoo ini membuat Anda lebih waspada lagi saat menggunakan fasilitas internet semacam ini. Yahoo sebagai pemilik tidak tahu menahu akan adanya penyadapan ini.

NSA memang menyadap perusahaan internet dengan cara yang rumit namun tetap halus. Mereka bahkan tidak membobol sistem keamanan pusat data. Ada dugaan jika program mata-mata ini menyusup lewat infrastruktur utama Yahoo. Infrastruktur ini termasuk kabel serat optic yang menghubungkan koneksi internet Yahoo di seluruh dunia.

Terlepas dari polemic ini, saat ini Anda harus lebih berhati-hati lagi. Usahakan tidak menampilkan konten-konten yang sensitif. Tentunya, kelanjutan dari proses penyadapan ini masih ditunggu banyak pihak.

yahoo disadap, website, yahoo, webcam yahoo

BACA JUGA:

6 Smartphone Yang Paling Menarik Perhatian Di MWC 2014

Masa Jaya Smartphone Akan Berakhir Di 2018

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *