Facewatch. Aplikasi Untuk Memerangi Kejahatan

By on May 19, 2014
WN8P3m4ySO

Belakangan ini, aksi kejahatan semakin merajalela. Tentu saja ini merupakan salah satu dampak langsung dari tingginya angka pengangguran dan sedikitnya lahan pekerjaan yang tersedia. Walaupun begitu, tindakan kejahatan ini tidak bisa dibenarkan oleh siapapun karena tidak hanya merugikan orang lain saja, tapi ini akan memancing kejahatan-kejahatan lainnya yang jelas akan lebih banyak orang yang dirugikan.

Berangkat dari kondisi seperti itu, maka dalam rangka memerangi tingginya angka jehatan yang terjadi di Inggris, sebuah Aplikasi yang bernama Facewatch di klaim dapat digunakan untuk membantu polisi maupun masyarakat luas untuk mengurangi, memerangi serta mencegah tindak kejahatan kejahatan itu terjadi kepada si calon korban.

Dalam prkateknya, aplikasi ini sangat memungkinkan bagi masyarakat untuk mendapatkan gambar lengkap pelaku yang diduga telah melakukan kejahatan lewat data yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat.

Seperti dilansir dari laman Maidenhead, pada Senin (19/05/2014), pihak pengembang aplikasi mengatakan bahwa dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat mengindentifikasi lebih awal pelaku maupun tindak kejahatan yang mungkin terjadi kepada mereka. Dengan ini maka masyarakat pun dapat berperan aktif dengan memberikan rincian secara lengkap, berupa nama dan alamat pada gambar tersebut lalu mengirimkannya secara langsung kepada pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti.

Secara khusus, BBC melaporkan bahwa gambar mereka yang diduga penjahat atau pelaku kejahatan ini akan dibagikan melalui aplikasi tersebut dalam beberapa menit saja lengkap dengan dta kejahatan yang pernah mereka lakukan dan kemungkinan kejahatan jenis apa yang akan mereka lakukan, pada saat pelaku sedang tertangkap CCTV, maka secara otomatis aplikasi ini akan memberikan infrormasi mengenai pelaku tersebut sesuai data-data yang dibutuhkan.

Garry Forsyth, yang merupakan asisten kepala polisi West Midlands mengatakan bahwa secara khusus aplikasi ini akan memungkinkan anggota kepolisian dan masyarakat luas untuk mencari tersangka dalam radius tertentu dari lokasi tertentu sesuai dengan si pengguna aplikasi tersebut berada, seperti alamat rumah atau kantor dengan hanya melihat foto si pelaku itu sendiri.

Garry mengklaim bahwa selama ini sistem ini telah terbukti sangat sukses di London di mana selama beberapa bulan pertama peluncurannya, ternyata secara mengejutkan Facewatch telah di unduh sebanyak 100 ribu kali oleh masyarakat disana dan gambar yang dilihat ternyata lebih dari 8,5 juta kali.

Aplikasi anti kejahatan ini sendiri dapat diunduh secara gratis melalui Google Play oleh para pengguna android, khususnya di Inggris. Tapi sayangnya Facewatch ini baru dapat digunakan di Inggris saja. Sampai saat ini aplikasi ini masih terus dikembangkan dan diharapkan untuk kedepannya aplikasi ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia karena pengembang meyakini bahwa beberapa negara di dunia ini masih lebih membutuhkan palikasi tersebut terkait dengan tingginya anggka kejahatan.

 facewatch-id-app-police

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *