FaceBook Tidak Bisa Diakses Selama 30 Menit Para ABG Panik

By on August 3, 2014
2. FaceBook Tidak Bisa Diakses Selama 30 Menit Para ABG Panik 2

Hari Jumat kemarin para ABG panik karena mereka tidak bisa update status, memberikan komentar serta jempol mereka di FaceBook. Mereka menyangka ponsel atau aplikasi FaceBook di ponsel mereka bermasalah, namun yang sebenarnya terjadi adalah layanan FaceBook tumbang selama kurang lebih 30 menit pada hari Jumat kemarin dan FaceBook tidak bisa diakses.

Gangguan layanan FaceBook ini terjadi pada malam hari, yaitu pada sekitar pukul 23.00 WIB. Para pengguna FaceBook mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengakses akun mereka dari browser smartphone dan juga dari perangkat komputer serta laptop. Pengguna yang tengah mempergunakan FaceBook juga tiba-tiba mendapatkan pesan eror yang berbunyi “Sorry, something went wrong, We’re working on getting this fixed soon as we can.”

Akibat dari tergangunnya layanan FaceBook ini tidak saja FaceBook tidak bisa diakses selama 30 menit, namun juga telah membuat banyak orang menjadi khawatir karena tidak bisa menampilkan konten di FaceBook mereka. Bahkan jika diakses dari aplikasi mobile, layar tidak akan menunjukkan aktifitas apapun juga, apalagi pesan error, sehingga banyak ABG yang galau tidak bisa update status.

Untungnya gangguan layanan FaceBook ini tidak berlangsung lama dan sekitar 30 menit kemudian sudah bisa diakses lagi, yaitu pada pukul 23.30 WIB. Pihak FaceBook sendiri tidak mengeluarkan statemen berkenaan dengan tumbangnya layanan mereka ini dan efek kerugian yang mereka tanggung. Dengan jumlah pengguna sekitar 1,32 miliar orang maka jika layanan FaceBook tumbang selama beberapa menit saja, sudah berpotensi menghilangkan keuntungan sejumlah beberapa ratus juta dollar Amerika dari sisi iklan.

Tumbangnya layanan FaceBook yang menyebabkan FaceBook tidak bisa diakses ini sudah beberapa kali terjadi, yeng terakhir terjadi sebelum hari Jumat kemarin adalah pada tanggal 19Juni 2014./ pada tanggal itu FaceBook tidak bisa diakses selama 20 menit. Kejadian ini terjadi pada sore hari yaitu pada jam 15.15 sampai 15.35 WIB. Gangguan ini menyebabkan kerugian yang tidak sedikit dan dikatakan selama layanan FaceBook tumbang selama 20 menit ini, kerugian FaceBook mencapai sekitar 400 juta dollar Amerika dari iklan. Bayangkan jika FaceBook tumbang selama beberapa jam.

Dan memang hal tersebut pernah terjadi dan merupakan tumbangnya FaceBook dengan waktu terlama. Sekitar bulan Oktober tahun 2013 FaceBook pernah tumbang selama 4 jam penuh dan membuat banyak kerugian dari sisi finansial. Dan pada tahun 2010 FaceBook juga pernah tumbang selama 2,5 jam. Padahal sebetulnya sumber daya FaceBook sudah pada kualitas terbaik dan mereka mempekerjakan teknisi terbaik dari seluruh dunia yang mengatur kerja server-server tercepat dan terbaik yang pernah ada. Namun mungkin karena banyaknya pengguna yang mempergunakan FaceBook dalam waktu yang sama yang kemudian membebani server terlalu berat dan akhirnya tumbang juga layanan mereka.

facebook down, facebook eror. facebook, down, sosial media

BACA JUGA:

Apple Akan Terpuruk Dengan Jumlah Android Yang Membengkak

Iklan Samsung Puji Pengguna iPhone Penunggu Steker Listrik

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *