Facebook Sediakan Sahabat Jurnalis Melalui Fitur Signal

By on September 20, 2015
(Files) May 10, 2012  file photo shows a view of and Apple iPhone displaying the Facebook app's splash screen in front of the login page in Washington, DC. Facebook and its underwriters came under broad legal attack May 23, 2012 as lawyers and investors filed lawsuits over Facebook's flop controversy-marred initial public offering. At least three law firms said they were filing actions against Facebook and its underwriters after the $16 billion IPO flopped amid accusations that the lead underwriters and the company itself hid material information from investors.  AFP PHOTO / Karen BLEIERKAREN BLEIER/AFP/GettyImages

Facebook telah menjadi salah satu media online yang digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, Facebook juga banyak digunakan untuk mencari informasi dan lain sebagainya. Untuk memfasilitasi keperluan ini, Facebook telah meluncurkan beberapa tools yang dapat digunakan untuk mempermudah pencarian. Yang paling baru, Facebook meluncurkan tools bernama Signal.

Signal merupakan fitur pencari yang dibuat khusus untuk para jurnalis. Dengan tool ini, para jurnalis dapat melacak beberapa informasi yang ada pada Facebook. Misalnya, mereka dapat menemukan topik percakapan yang paling populer saat ini yang banyak digunakan di Facebook.

Fitur Signal tidak hanya menyediakan fitur pencarian di Facebook saja. Namun, para jurnalis juga dapat menggunakannya untuk melacak informasi yang ada di Instagram.

Andy Mitchell, Direktur Kemitraan Media, Facebook mengungkapkan fitur ini akan mempermudah dan membantu pekerjaan para jurnalis. Mereka tidak hanya dapat menemukan informasi, namun mereka juga dapat lebih mudah menampilkan topik atau berita terhangat di Facebook dan Instagram secara cepat kepada publik.

Penampilan halaman muka dari fitur Signal juga sangat sederhana. Bila Anda menggunakannya, Anda hanya perlu memilih jenis informasi yang Anda inginkan yang tertera pada kolom sebelah kiri. Informasi yang didapat melalui fitur ini tersusun dalam bentuk daftar peringkat.

Dalam daftar ini, terdapat beberapa informasi yang sangat membantu. Misalnya informasi mengenai rangking dari topik tersebut, presentase topik tersebut digunakan dalam percakapan hingga ikon dari topik tersebut. Adanya ikon-ikon yang berbeda untuk tiap topik percakapan jelas mempermudah pencarian topik yang diinginkan jurnalis.

Jurnalis juga dapat menggunakan kolom search yang ada pada tools ini. Terdapat dua jenis kolom search yang dapat digunakan, yaitu Facebook Search dan Instagram Search. Keduanya digunakan untuk mencari informasi pada dua media sosial tersebut.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah fitur Saves pada tools ini. Jurnalis dapat menyimpan percakapan atau post yang mereka temukan dengan mudah. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu mereka dalam menulis berita.

Sebenarnya, fitur Signal ini bukanlah fitur pertama yang disediakan oleh Facebook untuk kebutuhan jurnalistik. Beberapa waktu yang lalu, Facebook juga bekerjasama dengan berbagai organisasi media untuk membuat beberapa fitur yang berguna untuk kebutuhan ini. Sebelum fitur Signal, terdapat pula fitur Instant Articles, yang dibuat untuk media berita online. Mereka dapat menggunakan fitur ini untuk memuat article, topik atau berita yang ada dalam Facebook secara cepat.

Meskipun fitur ini dibuat untuk kebutuhan jurnalis, bagi pengguna yang bukan jurnalis pun dapat menggunakannya untuk mencari topik-topik menarik untuk dibahas di Facebook. Dan yang pasti, fitur ini menambah pengalaman yang dapat diperoleh pengguna Facebook.

Fitur Signal

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *