Facebook Kehilangan Pengguna Remaja

By on January 19, 2014
2.Facebook Kehilangan Pengguna Remaja 1

Sebagai salah satu social media yang paling digandrungi saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Facebook mulai merasakan dampak-dampak yang ada hasil kerasnya persaingan pasar social media yang semakin meninggi. Menurut sebuah kabar yang beredar akhir-akhir ini, jejaring social yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg tersebut semakin ditinggalkan oleh penggunanya, terutama para remaja, yang mana merupakan target utama jaringan social tersebut.

Bahkan menurut sebuah riset yang dilakukan oleh iStrategy Labs, hasil yang didapat dari riset tersebut cukup mengejutkan, yaitu antara lain lebih dari 11 juta pengguna Facebook mulai meninggalkan social media tersebut dan berpaling serta beralih ke media social lainnya, di antaranya adalah twitter dan path. Seperti yang dilansir oleh Times kemarin, laporan dari iStrategy Labs tersebut menunjukkan bahwa di awal tahun 2011, para pengguna muda Facebook yang berusia di kisaran 13 sampai 17 tahun sudah mencapai nilai 13 juta lebih. Dari angka tersebut terjadi sebuah penurunan yang sangat drastis, yaitu pada bulan Januari 2014 ini, hanya ada 9.8 juta pengguna pada kisaran usia yang sama saja. Tentu ini merupakan berita yang kurang menyenangkan bagi pihak Facebook sendiri.

Di lain pihak, dengan mengalami penurunan yang cukup signifikan pula, para pengguna yang berusia di umur 18 sampai 24 tahun pada bulan Januari 2011 yang pada awalnya memiliki jumlah mencapai 45.5 juta pengguna, pada Januari 2014 ini terpangkas hingga menjadi 42 juta pengguna saja. Kabar mengenai Facebook yang mulai ditinggalkan oleh penguna remaja mudanya ini sudah dibicarakan dan dikabarkan sebelumnya saat David Ebersman yang mana merupakan CFO Facebook melontarkan hal ini pada laporan keuangan kuartal ketiga pada tahun 2013 silam. Yang menjadi hal menarik adalah kabar tersebut malah dibantah oleh bos Facebook lain. Mungkin untuk menutupi fakta bahwa saat ini Facebook sedang terancam kebangkrutan.

 facebook, pengguna facebook, aplikasi, social media

Sebuah sesi wawancara dilakukan dengan All Things Digital, COO Facebook Sheryl Sandberg. Dia mengatakan bahwa pengguna Facebook dari kisaran usia remaja masih terbilang cukup stabil. Bahkan dia berani menambahi dan menekankan bahwa para pengguna Facebook dari Amerika merupakan pengguna yang setia dan selalu mengaksesnya hampir setiap hari.

Sandberg mengatakan bahwa beberapa waktu silam, Facebook malah hanya digunakan oleh kaum dewasa. Dan dewasa ini, dengan memasuki tahun ke 10 jejaring social terbesar dunia saat ini, pola pengguna mulai berubah dan para remaja mulai sering menggunakannya. Dan yang paling menarik adalah bukan para remaja saja, tetapi juga orang tua. Walaupun demikian, bukan menjadi hal baru lagi bahwa Facebook sudah mendominasi jejaring social dunia. Entah mengalami penurunan pengguna atau tidak, akan ada jutaan orang yang selalu setia menggunakannya. Mungkin Anda salah satunya?

facebook, pengguna facebook, aplikasi, social media

BACA JUGA:

Radionomy Resmi Membeli Winamp

Trik Penggunaan iCloud Keychain

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *