Facebook Jadi Antivirus. Bagaimanakah Caranya?

By on December 5, 2014
Norton-Antivirus-ukljanja-blokadu-sajta-Facebook

Sebagai situs jejaring sosial paling populer di dunia, sangat pantas kalau akhirnya Facebook banyak di rong-rong oleh para hacker yang mencoba untuk menjajal seberapa kuat pertahanan perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg tersebut. Beragam cara dilakukan, dari mulai menebar virus sampai dengan mencoba berbagai metode untuk menembus celah keamanan perusahaan ini.

Hal inilah yang sepertinya disadari Facebook, dimana perusahaan ini tampak serius untuk berupaya memperkuat dinding pelindung mereka demi mengamankan pengguna dari serangan virus yang ditebar di disana. Dan salah satu langkah nyata yang diambil Facebook adalah, dengan merubah situs tersebut menjadi antivirus sendiri. Bagaimanakah caranya?

Baru-baru ini Facebook meneken kerjasama dengan salah satu produsen antivirus ketiga mereka, yakni Eset guna melengkapi dua antivirus buatan F-Secure dan Trend Micro yang memang sebelumnya sudah bahu membahu melindungi Facebook dari serangan berbagai virus yang masuk kedalamnya. Dengan hadirnya bantuan dari Eset, maka situs jejaring sosial tersebut diklaim akan mampu menangkap virus yang tersembunyi dalam konten atau dalam pesan yang dikirimkan oleh para pengguna didalamnya.

Dilansir dalam laman PC World, Chetan Gowda, yang merupakan salah satu insinyur Facebook, mengatakan kalau belakangan ini semakin banyak virus yang ditebar dalam facebook telah membuat perusahaan ini berfikir keras bagaimana cara melumpuhkan mereka. Salah satu caranya adalah dengan memasang antivirus semakin banyak untuk memperlebar peluang pembersihan virus yang berkeliaran di Facebook.

Dengan kehadiran banyak anti virus ini, maka pada akhirnya akan lebih mudah membantu para pengguna Facebook untuk melindungi data mereka dari serangna virus dan pencurian data. Yang paling menarik adalah, Facebook kedepannya akan bisa mendeteksi virus dari servernya langsung saat sebuah virus menyerang perangkat milik para pengguna. Setelah itu, Facebook akan langsung memperingatkan para pengguna untuk segera melakukan pemindaian virus dengan menggunakan antivirus, baik itu langsung di facebook ataupun lewat antivirus yang ada dalam perangkat tersebut.

Selain itu, Facebook juga akan memberikan kebebasan kepada perngguna untuk menggunakan antivirus gratis milik F-Secure dan Trend Micro yang sudah terintegrasi langsung dengan Facebook. Dengan begitu, maka virus-virus yang tersembunyi dalam perangkat pengguna Facebbok akan bersih. Setelah itu, pengguna pun akan bebas menggunakan perangkatnya untuk melakukan kegiatan lainnya, termasuk Browsing dan mengunggah data-data penting di Facebook.

Langkah cerdas ini disambut baik oleh para pengguna Facebook, hal inilah yang kemudian akan membuat situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna sebanyak 1,35 miliar orang tersebut lebih mirip dengan sebuah antivirus free online. Bagaimanakah tanggapan anda tentang ini, pakaha langkah Facebook ini akan membantu anda dalam mengatasi masalah virus yang bersemayam dalam perangkat anda?

 2.INILAH Alasan Kenapa Anda Ketagihan Facebook

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *