Facebook dan Snapchat Memanas Kembali!

By on March 3, 2016
1. Facebook dan Snapchat Memanas Kembali! 2

Persaingan antara Facebook dan Snapchat sebenarnya sudah terlihat beberapa waktu yang lalu. Saat Snapchat enggan untuk diakuisisi oleh Facebook, hal ini menjadi awal dari persaingan mereka. Lalu, Facebook mencoba menghadapi aplikasi chatting berbasis video tersebut dengan menghadirkan fitur yang hampir sama, yaitu video pendek yang dapat terhapus secara otomatis.

Yang terbaru, benih friksi antara dua penyedia layanan media sosial dan chatting ini kembali tumbuh. Hal ini terjadi setelah terdapat kabar bahwa Sriram Krishnan telah keluar dari Facebook dan berpindah ke Snapchat. Krishnan sendiri adalah salah satu orang dibalik kesuksesan bisnis iklan di media sosial terbesar ini.

Kabar mengenai kepindahan Krishnan ke Snapchat ini dirilis oleh situs Recode pada Senin, 29 Februari 2016. Menurut situs ini, berdasarkan sumber terpercaya, Krishnan mengumumkan keputusannya meninggalkan Facebook melalui email yang diterima pada pekan yang lalu.

Selain itu, menurut Snapchat melalui juru bicaranya, kabar mengenai bergabungnya Krishnan dengan Snapchat ini benar adanya. Nantinya, Krishnan akan menjadi bagian dari tim growth and revenue dari media sosial Snapchat. Di tempat terpisah, juru bicara Facebook juga mengonfirmasi mengenai kabar ini.

Keputusan Snapchat untuk merekrut Krishnan ini juga dirasa tepat. Snapchat berhasil mendapatkan 100 juta pengguna aktif bulanan hingga kini. Hal ini tentu menjadi kondisi yang tepat untuk media sosial ini untuk mengembangkan bisnis iklannya. Dengan langkah ini, maka dapat dipastikan Facebook dan Snapchat akan bersaing lebih ketat lagi.

Untuk bisnis iklan ini, CEO Snapchat, Evan Spiegel mengungkapkan akan menggandeng beberapa perusahaan startup. Mereka ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang iklan digital yang akan menjadi lahan baru untuk Snapchat.

Sedangkan Krishnan disini akan beperan dalam pembangunan ad network untuk Snapchat. Dengan pengalaman dan kesuksesannya membangun sistem serupa di Facebook, diharapkan akan membawa perubahan baik di Snapchat. Salah satu  karyanya yang banyak dijumpai di Facebook adalah adanya berbagai iklan foto atau video yang ada di berbagai aplikasi yang dapat digunakan penggunanya.

Krishnan juga berpengalaman membuat berbagai iklan yang ada dalam aplikasi. Hal ini juga yang ingin dimanfaatkan oleh Snapchat.

Langkah yang dilakukan oleh Snapchat ini sendiri merupakan langkah persiapan sebelum mereka masuk ke bursa saham Amerika Serikat. Dengan nilai aset sebesar 16 miliar Dollar AS, perusahaan ini siap untuk menjadi lebih besar dan berkembang. Dan, cara yang dilakukan adalah dengan membangun model bisnis iklan mobile yang kuat.

Dengan langkah yang dapat dikatakan cukup besar, yang diambil oleh Snapchat ini, maka pasti akan ada perubahan besar yang akan ditawarkan oleh Snapchat. Dan, tentunya, bila Anda pengguna Snapchat, Anda akan mendapatkan keuntungan dari hal ini. Yang pasti, persaingan Facebook dan Snapchat akan menjadi lebih panas lagi.

Facebook dan Snapchat

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *