Facebook Beli WhatsApp Seharga 223 Triliun Rupiah

By on February 21, 2014
detail of iPhone 4G screen showing Whatsapp instant messaging app icon

Sebuah kabar yang cukup mengejutkan tiba-tiba dating dari sebuah perusahaan jejaring social dunia paling besar saat ini, Facebook. Kabarnya, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut sudah membeli sebuah penyedia layanan pesan instan yang kini sedang sangat populer, WhatsApp, dengan nilai yang sangat besar yaitu USD 19 miliar atau sekitar Rp 223 triliun. Bisa dibilang, apa yang sudah dilakukan oleh pihak Facebook tersebut dengan membeli WhatsApp merupakan sebuah langkah yang sangat besar, terlebih karena pada tahun 2013 silam facebook sudah membeli jejaring social untuk berbagi foto nomor satu dunia, Instagram.

Yang lebih menarik lagi, nilai Facebook dalam membeli WhatsApp juga sangat besar apabila dibandingkan dengan saat perusahaan tersebut menawar SnapChat pada tahun lalu, yaitu hanya berada di kisaran angka USD 3 miliar saja. Akan tetapi, seperti yang dilansir oleh Forbes hari inI, pembayaran yang dilakukan oleh pihak Facebook terhadap WhatsApp tentunya tidak dalam bentuk uang tunai secara keseluruhan. Mark Zuckerberg hanya akan membayar secara tunai sebesar USD 4 miliar saja, dan sisanya adalah dalam bentuk saham Facebook yang ada di lantai bursa.

Selain itu, ada pula pembayaran tambahan sebesar USD 3 miliar yang berbentuk saham terbatas yang akan diberikan untuk pendiriWhatsApp dan karyawan-karyawannya. Namun tentu ini bukan berarti hal yang buruk bagi pihak WhatsApp. Ini dikarenakan, pembelian yang dilakukan oleh Facebook ini akan menyebabkan perubahan posisi pendiri dan CEO WhatsApp yang bernama Jan Koum, menjadikannya salah satu orang paling penting dalam jajaran dewan direksi social media nomor satu dunia tersebut.

facebook, whatsapp, aplikasi, mark zuckerberg

Walaupun sekarang WhatsApp sudah masuk ke dalam keluarga besar Facebook, WhatsApp akan terus beroperasi secara mandiri seperti yang telah dilakukan oleh Facebook terhadap Instagram. Harga pembelian yang luar biasa sebuah perusahaan beserta dengan 55 orang karyawannya tersebut bisa dibilang sebuah strategi yang sangat gila dan tentunya menarik perhatian dunia. Bagaimana tidak? Nilai pembeliannya setara dengan nilai gabungan perusahaan besar seperti United Continental, Ralph Lauren, Tyson Food, Coach, Marriot International, Campbell Soup dan tidak ketinggalan American Airlines.

Hal ini menyebabkan para analisis untuk mulai berhitung. Menurut hitungan mereka, Facebook member nilai pada tiap pengguna layanan aplikasi pesan instan WhatsApp senilai USD 42. Dari laporan terakhir yang sudah diungkap oleh perusahaan, WhatsApp sudah memiliki pengguna sebesar 450 juta di seluruh dunia, dan nilai ini terus bertambah setiap harinya dengan penambahan pengguna satu juta setiap hari.

Target Facebook sendiri, untuk menjembatani 1 miliar pengguna hingga akhir tahun nanti. Bisa dibilang ini merupakan kabar baik bagi para pengguna Facebook dan WhatsApp. Kita tunggu saja apa yang akan dilakukan oleh Zuckerberg untuk keluarga barunya ini.

facebook, whatsapp, aplikasi, mark zuckerberg

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *