FaceBook Akan Buat OS Sendiri?

By on February 23, 2015
2. FaceBook Akan Buat OS Sendiri 2

Kini trend terbaru yang terjadi di industri gadget dunia adalah kecenderungan membuat OS sendiri. Hal ini tampak dari bermunculanya OS-OS baru seperti YunOS, Firefox OS, Ubuntu OS dan banyak lagi. Kini ada rumor bahwa FaceBook akan membuat OS sendiri untuk melebarkan layanan yang mereka berikan. Dikatakan bahwa jika FaceBook mempunyai OS sendiri maka semua hal dan permasalah dalam layanan FaceBook akan mudah dikendalikan dan ditingkatkan kualitasnya.

Namun walaupun ada rumor santer mengenai keberadaan OS milik FaceBook, sang CEO FaceBook, Mark Zuckerberg menyatakan bahwa perusahaan yang dia bangun belum membutuhkan OS mereka sendiri, paling tidak kebutuhan tersebut belum dirasa mendesak untuk saat ini. Namun ia mengakui bahwa jika memang FaceBook mempunyai OS sendiri, maka hal tersebut akan sangat berguna dam memudahkan semua hal, baik hal-hal yang dihadapi oleh FaceBook maupun mempermudah user untuk berinteraksi di FaceBook.

Hal mengenai keberadaan OS FaceBook ini mengemuka dalam sebuah diskusi antara Zuckerberg dan salah satu awak media Bloomberg. Diskusi yang membicarakan masa depan FaceBook dan persaingannya dengan Google tanpa memiliki OS mereka sendiri. Sampai saat ini FaceBook berhasil menguasai pasar tanpa memiliki OS mereka sendiri. Mereka hanya “nunut” untuk mendistribusikan layanan mereka ke seluruh dunia.

CEO FaceBook hanya berkata bahwa mereka berhasil menguasai pasar hanya dengan memfokuskan diri dengan produk-produk utama mereka seperti Whatsapp, Instagram, dan juga FaceBook itu sendiri dan sampai saat ini FaceBook tidak membutuhkan OS sendiri.

Zuckerberg juga meyakini bahwa sebenarnya tidak mempunyai OS sendiri adalah sebuah tekanan yang cukup berat karena hal tersebut sedikit banyak menghambat mereka untuk menyebarkan layanan ke lebih banyak pengguna dan area yang lebih luas. Selain itu ketiadaan OS FaceBook juga berdampak pada pengembangan-pengembangan yang dilakukan FaceBook karena harus memperhatikan platform dimana layanan tersebut akan berjalan.

Hingga saat ini semua produk FaceBook yang terdiri dari instagram, FaceBook dan juga whatsapp masih tergantung platform lain seperti Android, iOS, Blackberry, Windows, dan juga browser-browser seperti chrome dan firefox. Tidak ada produk FaceBook yang berjalan di platform mereka sendiri. Jadi CEO kembali menegaskan bahwa kehadiran OS sendiri memang penting untuk FaceBook namun ia belum berpikir untuk membangunnya.

Beberapa waktu yang lalu tersiar kabar bahwa FaceBook akan memproduksi ponsel mereka sendiri. Ponsel tersebut akan dbekali dengan OS buatan FaceBook yang mendukung semua produk-produk FaceBook. Namun kabar yang pernah santer tersiar tersebut sampai saat ini belum pernah terbukti dan media sosial raksasa tersebut belum membuat pengumuman mengenai hal tersebut. Jika nanti FaceBook akan memasuki bisnis hardware maka bisa diramalkan persaingan akan semakin ketat mengingat FaceBook mempunyai dana yang sangat kuat.

os facebook, facebook, os, fb

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *