Dukungan Microsoft Untuk Bitcoin

By on February 13, 2014
bitcoin 2

Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang Bitcoin. Anda mungkin salah satunya. Bitcoin merupakan mata uang virtual yang masih kontroversial keberadaannya. Meski masih kontroversial, banyak pihak yang terpikat oleh jenis mata uang ini. Terdapat sejumlah negara seperti Rusia, Cina, dan Indonesia yang melarang keras peredaran mata uang virtual ini. Salah satu vendor ternama dunia, Apple, juga sependapat dengan Indonesia, Cina, dan Rusia untuk tidak membiarkan mata uang virtual ini beredar. Apple bahkan pernah beberapa waktu yang lalu memblokir sebuah aplikasi yang dinamakan aplikasi dompet Bitcoin sebagai bukti ketidaksetujuannya akan peredaran Bitcoin.

Ternyata sikap anti-Bitcoin yang disuarakan oleh Apple, Indonesia, Cina, dan Rusia tak membuat Microsoft ikut-ikutan menyuarakan hal yang sama. Sungguh bertentangan, Microsoft justru sangat mendukung peredaran mata uang virtual yang diciptakan pada tahun 2009 silam. Bahkan baru-baru ini Microsoft telah menciptakan sebuah fitur baru yang dinamakan Bing sebagai fitur converter mata uang Bitcoin di sejumlah layanan mesin berbasis  internet milik mereka. Menurut Microsoft, fitur Bing ini berperan penting untuk para penggunanya. Pasalnya nilai kurs mata uang virtual ini dinilai sering berubah secara signifikan setiap waktu.

Berbicara soal Bitcoin, hingga kini asal-usul terciptanya mata uang virtual ini masih menjadi misteri. Satoshi Nakamoto adalah satu-satunya nama yang sering dikaitkan dengan mata uang virtual ini. Entah ia penciptanya atau penyebarnya, tidak ada yang tahu pasti. Sama seperti jenis uang ciptaannya yang tak berwujud namun bernama, Satoshi Nakamoto juga tak diketahui keberadaannya. Hanya namanya saja yang hingga kini kian santer terdengar. Tak ada rekam jejak atau identitas Nakamoto hingga saat ini. Namun dalam profil Nakamoto yang dapat dilihat di situs P2P Foundation, Satoshi Nakamoto, dalam situs tersebut, adalah seorang pria berkewarganegaraan Jepang yang berusia 38 tahun.

bitcoin, microsoft, uang virtual, aplikasi

Banyak peneliti yang penasaran dengan Nakamoto dan melakukan sejumlah penelitian khusus untuk mengungkap siapa sebenarnya Nakamoto. Namun sayang, satu demi satu penelitian tak membuahkan hasil. Bahkan sebagian besar penelitian tersebut menemui jalan buntu pada saat masih dilakukan. Lantas, siapakah sebenarnya Sitoshi Nakamoto? Apakah ia ada kaitannya dengan Bitcoin? Hingga kini identitasnya masih tertutup rapat.

Bitcoin sendiri tidak mendapatkan simpati dari masyarakat Indonesia. Bisa dibilang Bitcoin tak laku di Indonesia. Sedang di Rusia, Bitcoin dilarang beredar di negara ini karena dianggap sebagai sesuatu yang rentan dengan aksi terorisme. Eksistensi Bitcoin tak selalu buruk. Buktinya beberapa waktu yang lalu sebuah pengembang game memperbolehkan para gamer untuk membeli game FarmVille dengan menggunakan Bitcoin.  Meski sempat membuat heboh, ada beberapa pihak yang mengakui eksitensi Bitcoin. Bagaimana menurut Anda? Anda pribadi apakah termasuk pihak yang menyetujui perederan mata uang virtual ini?

bitcoin, microsoft, uang virtual, aplikasi

BACA JUGA:

Microsoft Ditinggalkan Dua Pembesarnya

Saham Nokia Berpindah ke Tangan Microsoft

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *