Dilarang Memakai Kacamata Google Glass Saat Berkendara

By on March 3, 2014
Google Glass

Google Glass tidak diperbolehkan dipakai saat berada di jalan raya.Ternyata larangan memakai kacamata pintar tersebut sudah mulai muncul meski Google Glass belum dirilis secara resmi ke pasaran.

Gary G. Howell yang merupakan anggota dari the West Virginia House of Delegates, memperkenalkan rancangan undang-undang baru yang melarang orang-orang menggunakan perangkat komputer dengan layar yang dapat dipakai di kepala tersebut saat sedang berkendara. RUU tersebut memang tidak secara gamblang menyebutkan nama Google Glass, tetapi beliau mengatakan kepada CNN Howell bahwa dirinya terinspirasi untuk mengubah aturan hukum setelah membaca sebuah artikel yang membahas tentang gadget.

Jika nanti berhasil disahkan, maka undang-undang tersebut akan menjadikan Virginia Barat sebagai negara bagian AS yang pertama kali melarang pengendara memakai kacamata Google Glass ketika mengemudi. Peraturan tersebut disinyalir akan mulai diberlakukan pada 1 Juli 2014 mendatang.

Keamanan merupakan hal yang utama, kata Howell dalam sebuah wawancara yang dilakukannya. Google Glass bisa memproyeksikan teks atau video langsung ke mata Anda. Menurut Saya, akan ada banyak potensi gangguan yang akan diakibatkannya.

Google Glass adalah sebuah headset augmented-reality yang bentuknya terlihat seperti kacamata dan dapat dikendalikan dengan memakai perintah suara. Terdapat layar kecil yang dapat menampilkan hasil pencarian Google, e-mail, reminder dan informasi lainnya di sebelah kanan atas mata si pemakai. Perangkat ini nantinya juga akan dilengkapi dengan kamera kecil yang bisa merekam video dan mengambil foto.

Menurut perkiraan, Google Glass akan dijual paling cepat pada akhir tahun 2014 ini. Meskipun harga retail resminya belum diumumkan, tetapi pihak Google telah menjual sejumlah Google Glass melalui pre-order kepada sejumlah pengembang. Produk tersebut dijual dengan harga lebih dari $ 1.000.

Dalam menanggapi usulan UU dari Virginia Barat, juru bicara dari Google pun mengatakan  bawha kami sudah mencurahkan banyak pemikiran ke dalam desain dari Google Glass karena teknologi baru memang selalu mengangkat isu-isu baru. Kami percaya bahwa ada potensi yang besar yang dapat meningkatkan keselamatan orang di jalan serta mengurangi kecelakaan. Tetapi seperti biasa, kami selalu menerima umpan balik dari siapapun.

Menurut pihak Google, headset Google Glass sendiri bisa memberikan bantuan di jalan seperti arah navigasi dengan perintah suara untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan berbagai macam hal lainnya.

Salah satu tujuan dikemangkannya proyek Glass adalah untuk membuat teknologi tersebut tersedia ketika pengguna membutuhkannya, tetapi tidak dengan cara mengganggu kenyamanan dan keamanan. Menurut pihak Google, layar pada headset Google Glass telah diletakkan di pandangan normal si pemakai sehingga tidak akan mengganggu para pengguna saat mengerjakan sesuatu seperti berkendara di jalanan. Pihak google sepertinya telah memikirkan isu keselamatan ini sehingga mereka menunjukan desain yang bagus.

Dilarang Memakai Kacamata Google Glass Saat Berkendara

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *