Dilarang Keras Ada Dua Anti Virus di Satu PC

By on November 26, 2013
5. Dilarang Keras Ada Dua Anti Virus di Satu PC 1

Seperti kisah cinta para ABG, tidak boleh ada dua cinta dalam satu hati, demikian pula dengan PC. Anda dilarang memasukkan dua anti virus di satu PC karena akan mengakibatkan banyak hal yang tidak pernah Anda duga. Sebagian orang berpendapat bahwa menginstall dua anti virus dalam satu komputer akan lebih bisa melindungi komputer tersebut, dengan analogi bahwa dua orang penjaga lebih baik daripada satu orang. Namun sayangnya asumsi ini salah besar. Penggunaan dua anti virus yang bersamaan dalam satu PC justru akan membuat kinerja PC Anda akan menurun drastis.

Selain kinerja menurun, efek samping yang lain adalah komputer Anda bisa crash dan hang.  Hal ini terjadi karena setiap anti virus bertugas memeriksa lalu lintas data di komputer Anda dengan seksama sehingga jika ada file-file yang dicurigai sebagai file virus maka software anti virus akan mengkarantina file tersebut. Pada saat anti virus bekerja untuk mensensor dan mengawasi lalu lintas data tersebutlah maka ada daya komputer yang dipakai. Antivirus biasanya menggunakan resources atau daya yang besar pada memori komputer Anda sehingga kadang pada proses scan komputer yang menyeluruh, komputer akan melambat dalam bekerja karena memori tersedot untuk sang anti virus.

 5. Dilarang Keras Ada Dua Anti Virus di Satu PC 2

Bayangkan jika Anda menggunakan dua anti virus di satu PC makan akan lebih banyak lagi daya memori komputer Anda yang akan dipakai oleh kedua anti virus tersebut untuk bekerja dengan demikian maka komputer akan semakin lelet bekerja dan bahkan berhenti sama sekali karena hang. Hal ini hanya salah satu hal yang menyebabkan kinerja komputer menurun dengan drastis. Ada  hal lain lagi yang membuat komputer Anda crash,

Jika Anda mempergunakan dua macam anti virus pada sebuah PC maka yang terjadi adalah setiap anti virus berusaha memindai setiap lalu lintas data dan internet yang masuk serta keluar dari komputer Anda. Jika tidak ada file-file yang berisi virus maka yang terjadi hanyalah melambatnya komputer Anda seperti yang sudah didekripsikan diatas, namun jika ada file yang mengandung virus maka setiap anti virus akan berusaha untuk mengkarantinanya.

Rebutan antar dua anti virus di satu PC untuk mengkarantina file virus inilah yang sering membuat komputer Anda crash dan berhenti bekerja. Lebih parah lagi jika antar anti virus saling menganggap sebagai virus dan saling mengkarantina. Langsung saja komputer Anda pasti hang dan tidak mau beroperasi serta harus di hard shutdown yang tentu saja membawa resiko pada kerusakan hard drive dan komponen lain. Sebagai solusinya, pilih anti virus yang terbaik menurut Anda dan pastikan anti virus tersebut memiliki kemampuan firewall yang mumpuni untuk proteksi lebih komputer Anda saat Anda berseluncur di internet.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *