Deteksi Virus DNS Changer pada PC

By on October 17, 2013
5.Deteksi Virus DNS Changer pada PC1

Serangan virus rupanya tidak hanya menjadi momok bagi kesehatan tubuh manusia melainkan juga menjadi ancaman bagi kesehatan komputer Anda. Jika dulu virus biasanya disebarkan oleh penggunaan mobile device dari satu PC ke PC yang lain, kini Anda juga harus waspada dengan penyebaran virus akibat penggunaan internet terlebih internet saat ini sudah semakin banyak digunakan oleh para pengguna PC.

Koneksi internet yang semakin sering digunakan menjadi sarana empuk penyebaran virus. Ada banyak jenis virus komputer yang menyebar dengan cepat menggunakan koneksi internet dan salah satunya adalah virus DNS Changer. Virus ini termasuk virus yang dianggap berbahaya untuk PC dan virus ini sudah menyebar ke lebih dari empat juta komputer di sebelas negara lewat kelengahan pengguna komputer saat browsing. Penyebaran virus ini memang paling banyak terdapat di Amerika Serikat, tetapi tidak ada salahnya lebih waspada terhadap serangan virus ini meskipun di Indonesia sendiri jangkitan virus ini hanya mencapai kurang lebih 50.000 komputer.

Lalu bagaimana Anda bisa mendeteksi virus DNS Changer yang mungkin sudah menjangkiti komputer Anda? Untuk mengetahui keberadaan virus ini dalam komputer Anda, Anda hanya perlu menggunakan situs khusus yang dibuat oleh kelompok kerja DNS Changer. Anda cukup membuka web browser apa saja mulai dari Internet Explorer hingga safari untuk mengakses beberapa situs yang dimaksud misalnya Dns-ok.us, Dns-ok.de, Dns-ok.ax, dan Dns-ok.fi.

Anda bisa bernapas lega jika Anda mendapatkan warna hijau pada hasil tes karena komputer Anda normal dan bebas dari virus DNS Changer. Namun, jika hasil tes menunjukkan warna merah, Anda patut khawatir karena virus tersebut sudah menjangkiti komputer Anda. Virus yang menjangkiti komputer Anda membuat setting DNS server komputer maupun router broadband Anda diarahkan ke server jahat.

Namun, Anda tidak perlu terlalu panik saat mengetahui tanda merah di hasil tes tersebut karena ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan komputer Anda dari jangkitan virus berbahaya ini. Hal pertama yang bisa Anda lakukan pada komputer Andaadalah dengan mengembalikan pengaturan DNS komputer dengan mengontak admin IT kantor maupun ISP untuk mendapatkan bantuan sehingga komputer Anda bisa mendapatkan pengaturan lama secara otomatis.

Komputer yang terkena serangan malware DNS Changer tidak disarankan memperbaharui sistem dan database software security. Pengguna Mac dan Windows cukup menggunakan aplikasi antivirus terbaru baik yang berbayar maupun gratis untuk membersihkan komputer dari virus. Setelah komputer bersih dari virus, Anda perlu menggunakan metode pengecekan virus tadi untuk meyakinkan bahwa pengaturan DNS server sudah kembali normal.

Jika serangan virus terjadi pada router broadband, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dari vendor untuk mengatur ulang pengaturan DNS server serta mengubah password default admin untuk membuat router broadband bekerja normal kembali.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *