Deteksi Kesalahan Penggunaan Windows 8 Dan Cara Mengatasinya

By on January 11, 2014
5. Deteksi Kesalahan Penggunaan Windows 8 dan Cara Mengatasinya 1

Banyak pengguna Windows 8 yang mengatakan bahwa Windows 8 cukup mudah untuk digunakan. Sistem operasi ini dikatakan lebih mudah pengunaanya pada perangkat tablet dan jenis perangkat lainnya. Pada dasarnya Windows 8 sama dengan Windows-Windows sebelumnya di mana Windows 8 juga sering mengalami error pada bagian sistemnya. Apalagi penggunaan Windows pada desktop. Error pada sistem seringkali muncul. Beberapa jenis error atau kesalahan yang sering sekali terjadi antara lain penghapusan file, pengisian program pada sistem tray komputer, dan masih banyak jenis kesalahan lainnya. Meski demikian, Windows 8 memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah built-in antivirus yang cukup ampuh untuk dijadikan sebagai anti malware saat OS baru diinstal. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi masalah pada Windows 8.

1. Jika dengan tidak sengaja menghapus file

Pada Windows 8, sistem akan secara otomatis membuat versi copy-an semua file Anda jika Anda aktifkan. Jadi file-file Anda akan tampil kembali setelah fitur ini Anda aktifkan. Sistem akan menyalin semua file setiap satu jam sekali. Cara melakukannya sangat mudah. Cukup klik bagian History dan hanya beberapa saat saja file akan tampil kembali.

2. Jika memiliki terlalu banyak program startup

Dengan Windows 8 ini juga Anda dapat mengatur program startup Anda. Anda bisa menghapus program yang menurut Anda kurang dibutuhkan dan hanya memperlambat sistem dan proses startup pada perangkat Anda. Caranya, klik kanan pada bagian taskbar dan pilihTask Manager. Pilih link More Detail dan pilih tab Startyup.

3. Bermasalah dengan internet eksplorer

Lebih hebatnya lagi Anda dapat melakukan restore beberapa program ke pengaturan awal yang sebelumnya sudah Anda ubah.

wimdows 8, pc, laptop, windows,

4. Ada gangguan yang berasal dari program yang freez

Internet Explorer dapat bermasalah jika Anda terlalu banyak menginstal add-on browser seperti toolbar. Anda juga akan mengalami masalah jika terlalu sering mengotak-atik Internet Explorer. Beruntungnya Windows 8 ini dapat me-reset Internet Explorer ke pengaturan semula. Caranya, klik ikon gear kemudian pilih fitur Internet Option. Kemudian klik tab Advance lalu klik reset. Dengan cara ini add-on, pengaturanbrowser, toolbar, browsing data, dll akan hilang. Internet Explorer favorites tidak akan hilang.

5. Bila komputer terjadi freez

Kesalahan ini terjadi bukan datang dari pengguna. Masalah ini biasanya akan muncul dengan sendirinya. Terkadang program mengalami freez dan menjadi kurang responsif. Untuk mengatasinya, cukup gunakan Task Manager atau bisa dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL pada keyboard. Task Manager akan menghapus program yang bermasalah dengan cara klik kanan lalu pilih End Task atau End Proses Tree.

Jika komputer mengalami Freez. Jika komputer Anda tidak merespon, sebaiknya Anda tekan tombol CTRL+ALT+DEL. Anda akan beruntung jika layar komputer manampilkan Task Manager yang kemudian bisa Anda pilih untuk menghapus program yang menjadi sumber masalah pada komputer Anda.

wimdows 8, pc, laptop, windows,

BACA JUGA:

Indikasi Penyadapan Ponsel

Galaxy Tablet Pro Milik Samsung

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *