Demi YunOS, Alibaba Rela Kucurkan Dana Kepada Meizu

By on February 10, 2015
alibaba-building

Kabar baik di terima para penggemar smartphone besutan Meizu. Pasalnya, perusahaan asal China ini dikabarkan baru saja mendapatkan kucuran dana segar yang berasal dari Alibaba Group senilai USD 590 juta untuk membeli saham minoritas pembuat smartphone Android Meizu.

Dalam keterangannya, pihak Alibaba menyatakan jika langkah bisnis ini merupakan salah satu wujud niat serius pihak perusahaan untuk memperkuat eksistensi mereka dalam bisnis smartphone.

Seperti kita ketahui, raksasa belanja online Tiongkok ini sudah sejak lama dikabarkan berniat untuk masuk langsung dalam bisnis smartphone. Alasannya, perusahaan ini ingin sistem operasi besutannya bisa digunakan untuk secara langsung dalam perangkat smartphone.

Tentu saja, dengan pembelian ini, sudah dipastikan jika raja e-commerce Negeri Tirai Bambu tersebut akan segera menyuntikkan sistem operasi buatannya tersebut langsung Led dalam produk smartphone buatan Meizu. Dengan cara ini, maka Alibaba akan mampu untuk menembus pasar smartphone Tiongkok yang selama ini masih dikuasai oleh beberapa pemain lokal seperti Huawei dan Xiaomi.

Sebagai gantinya, maka Meizu akan mendapatkan akses khusus terhadap kanal penjualan Alibaba dan berbagai sumber daya lainnya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dikutip dari laman Reuters, kerja sama ini sendiri cukup menjanjikan untuk kedua belah pihak, terutama untuk Meizu yang kini punya cara jitu untuk bisa bersaing dengan Xiaomi di sektor penjualan Online.

Smartphone Dengan YunOS

Smartphone Dengan YunOS

Alibaba sendiri selama ini dikenal sebagai situs e-commerce paling sukses di daratan China dan bahkan Asia. Bahkan kesuksesan Alibaba ini membuat dirinya disebut-sebut sebagai pesaing utama Amazon untuk kelas situs Niaga Online.

Pada tahun 2014 kemarin, Alibaba sendiri dikabarkan sudah membuat kesepakatan kerjasama khusus dengan Meizu terkait pembuatan smartphone yang di dalamnya sudah menggunakan sistem operasi YunOS. Sistem operasi ini sendiri dibuat Alibaba untuk menggiring para penggunanya untuk bisa mengunjungi situs belanja online tersebut.

Tapi sayangnya, langkah tersebut tidak sukses secara perjualan, hal ini terjadi tidak lepas dari adanya dominasi Google dengan sistem operasi Android yang menguasai ekosistem sistem operasi Mobile. Walaupun begitu, kegagalan ini tidak menyurutkan langkah Alibaba untuk mencoba peruntungannya kembali, terlebih belakangan ini nama Meizu mulai di perhatikan oleh pengguna smartphone global.

Walaupun begitu, Meizu sendiri saat ini masih harus terus berinovasi untuk bisa merebut pasar smartphone yang kini di kuasai oleh Apple, Samsung, Xiaomi, LG dan Lenovo. Bagaimanakah menurut anda? Kira-kira mampukah kolaborasi ini menghasilkan pencapaian positif untuk kedua belah pihak?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *