Demi Penghematan, HP Pecat 35 Ribu Karyawan

By on January 6, 2014
2.Demi Penghematan, HP Pecat 35 Ribu Karyawan2

Pemangkasan Karyawan Hewlett-Packard atau HP, ternyata belum berhenti. Produsen berbagai macam perangkat komputer dan printer ini merencanakan pemutusan hubungan kerja kepada 5 ribu karyawan lagi. Rangkaian PHK ini dikenakan kepada karyawan di seluruh dunia dan akan terus berlanjut di tahun 2014 ini. Bila Anda seorang karyawan HP pasti akan was-was.

Kabar ini menyebar setelah HP menyerahkan dokumen pada U.SSecurities and Exchange Commision. Kejadian ini terjada pada 30 Desember 2013 dan kemudian dipublikasikan oleh The Verge. Melalui dokumen itu terungkap, kalau HP akan memecat karyawannya sejumlah 35 ribu orang. Angka ini meningkat, HP Pecat 35 Ribu Karyawan padahal sebelumnya hanya merencanakan memecat 29 ribu karyawan saja.

Rencana HP tentunya akan membuat penambahan pengangguran di seluruh dunia. Jika Anda atau kerabat Anda tengah meniti karir di perusahaan HP, mesti bersiap-siap menunggu gelombang PHK ini. Segera ambil langkah melompak ke perusahaan lain atau membangun bisnis.

Penghematan anggaran perusahaan

Pemangkasan karyawan secara besar-besaran ini memang telah menjadi agenda HP sejak lama. HP telah merancang restrukturisasi yang mengharuskan adanya pemangkasan karyawan. Rancangan itu telah dibuat matang sejak 2012 dan kemudian dijalankan dengan pengurangan karyawan bertahap. Agenda restrukturisasi HP Pecat 35 Ribu Karyawan direncanakan bisa berakhir pada bulan Oktober 2014.

Pemangkasan karyawan mencapai 35 ribu ini, berarti pengurangan karyawan HP mencapai 11 persen dari sumber daya manusia yang dimilikinya. Sekarang ini, karyawan HP di seluruh dunia tercatat sebanyak 317.500 orang. Pengurangan karyawan adalah langkah alternatif terakhir dan terbaik yang harus dijalani HP. Hal ini berkaitan dengan tuntutan pasar dan tekanan bisnis.

Tindakan PHK terpaksa dilakukan oleh CEO HP, Meg Whitman, supaya perusahaan bisa melakukan penghematan. Langkah Meg Whitman ternyata mendapat pujian dari dewan komisaris HP. Karena tindakannya , perusahaan berhasil melakukan penghematan anggaran. Bahkan gajinya mengalami penambahan, supaya menjaga loyalitasnya pada HP.
HP, karyawan, teknologi, laptop, komputer

Kemunduran bisnis personal komputer

HP  memang harus merasakan pil pahit dari kemunduran bisnisnya. Munculnya ponsel pintar dan komputer tablet sangat menurunkan minat orang dalam membeli personal komputer. Padahal personal komputer adalah produk utama bisnis yang dilakukan HP. Kemunduran bisnis juga terjadi pada bisnis server HP.

Kekalahan dalam perkembangan dan inovasi teknologi inilah yang memicu,  HP Pecat 35 Ribu Karyawan. Kerugian yang besar memang telah dialami dan HP tidak mau mengalami kerugian lebih banyak dengan mempertahankan jumlah karyawan yang terbilang besar. Supaya roda perusahaan bisa berputar lebih keras, PHK memang carayang wajib ditempuh.

Perusahaan hanya bisa berharap pada divisi layanan dan software serta printer. Divisi ini saat ini lebih berkonsentrasi pada target konsumen komersial. HP memang harus berjuang lebih keras dalam menanggapi perubahan pasar dan mengoptimalkan potensi produk yang ada. Tentunya juga bersaing dengan para kompetitornya.

HP, karyawan, teknologi, laptop, komputer

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *