Demi keamanan perangkat USB, jangan abaikan safely remove hardware

By on November 28, 2013
5.Demi keamanan perangkat USB, jangan abaikan safely remove hardware.1

Mentransfer atau menyimpan data dalam perangkat USB merupakan salah satu aktivitas yang ada hubungannya dengan komputer. Untuk memindah data, kita perlu menyambungkan flash disk atau perangkat USB lain ke PC atau Laptop kita. Dalam hal ini, kesalahan yang seringkali dilakukan adalah mencabut USB tanpa melakukan langkah safely remove hardware. Entah karena malas atau terburu-buru, tak sedikit yang mengabaikan langkah tersebut.

Berbagai alasan dilontarkan, baik karena proses removing yang terlalu lama sampai adanya pemberitahuan ‘cannot remove USB drive’. Mengabaikan langkah tersebut sekali atau dua kali, mungkin masih tidak apa-apa. Tapi beberapa pengguna, mungkin termasuk Anda, cenderung memilih langkah cepat dengan mencabut secara langsung. Meski muncul notifikasi ‘cannot remove USB drive, demi keamanan perangkat USB Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Tutup semua program

Saat menemui kendala untuk remove hardware, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menutup semua program yang Anda buka. Terkadang, beberapa orang lupa untuk menutup program yang disimpan di perangkat USB, seperti dokumen, musik, video atau gambar, sehingga remove hardware tidak bisa dilakukan. Pastikan untuk menutup semua program yang masih berjalan, lalu lakukan safely remove hardware lagi.

Tutup Windows Explorer

Penyebab lain Anda tak bisa melakukan remove USB adalah karena masih terbukanya Windows Explorer pada komputer, meski program-program lain sudah ditutup. Windows Explore yang masih terbuka biasanya masih mengakses data-data pada USB yang masih ditancapkan. Demi keamanan perangkat USB, jangan cabut paksa USB Anda, namun tutuplah program explorer tersebut agar data-data anda tidak rusak.

Tekan Ctrl + Alt + Del

Jika masih belum bisa, tekan tombol Ctrl + Alt + Del untuk mengakali USB. Setelah menekan 3 tombol tersebut bersamaan, akan muncul Task Manager. Pilih Processes, cari explorer.exe di bagian Image Name – pilih End Process – pilih Yes, jangan khawatir jika tidak muncul tampilan dan jangan tutup Task Manager. Coba lakukan remove hardware lagi setelah memilih File – New Task (Run)  – ketik ‘explorer’.

Lakukan scanning

Penyebab lain munculnya cannot remove hardware adalah virus yang bisa menginfeksi hard disk maupun flash disk. Virus tertentu memang menyebabkan langkah safely remove hardware tidak bisa dilakukan. Untuk itu, perlu dilakukan scanning baik pada komputer maupun perangkat USB untuk menghapus virus-virus tersebut meski memerlukan waktu yang cukup lama. Setelah proses scanning selesai, ulangi langkah remove hardware dengan benar.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan setelah mendapat notifikasi tidak bisa mencabut hardware. Jangan enggan melalukannya demi keamanan perangkat USB Anda. Terlebih lagi, kini perangkat USB tidak Cuma flash disk, namun juga hardisk eksternal. Anda tentu tidak mau data-data berharga dalam USB maupun perangkat USB itu sendiri rusak bukan?

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *