Defrag PC untuk Windows 7, Vista dan XP

By on October 30, 2013
5.Defrag PC untuk Windows 7, Vista dan XP1

Mungkin selama ini Anda sudah mengetahui istilah defrag PC. Lalu apa perlu Anda menerapkannya pada PC kesayangan Anda? Banyak sekali tips yang mengatakan bahwa Anda harus menjadwal defrag PC secara berkala. Namun, sebenarnya aktivitas ini tergantung dari kondisi PC kamu saat ini. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa proses ini tidak harus dilakukan secara manual. Hal ini karena sistem operasi yang sudah ada memang sudah modern.

Bagi Anda pengguna SSD Drive di PC maka disarankan untuk tidak melakukan defragmentasi. Perlu Anda ketahui bahwa Windows 7 sendiri saja sudah secara otomatis mematikan defragmentasi pada SSD drive yang sudah terpasang pada PC kesayangan Anda tersebut.

Bagi Anda pengguna Windows Vista maka Anda harus memastikan bahwa defrag otomatis sudah di non aktifkan. Pengguna Windows Vista tanpa SSD drive tidak perlu khawatir karena sistem akan memberikan konfigurasi. Dengan konfigurasi ini Anda bisa menjalankan dan melakukan defrag secara terjadwal secara default.

Umumnya, proses defrag PC akan dilakukan secara otomatis pada hari Rabu jam 1 pagi. Tapi hal ini tidak akan terjadi jika PC Anda selalu dimatikan setelah digunakan. Sebagai gantinya, Anda tetap bisa melakukan defrag secara manual.

Bagaimana jika Anda menggunakan Windows XP? Sebagai informasi, Windows XP tidak memiliki sistem defrag secara otomatis. Untuk mengatasi kendala ini, Anda bisa menggunakan software dari luar. Beberapa software yang umum digunakan untuk membantu proses defrag diantaranya adalah Auslogics Disk Defrag atau Defraggler.

Setelah menginstall software tersebut, Anda bisa menentukan kapan Anda melakukan proses defrag. Contohnya, Anda bisa menjadwalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.  Sebagai kesimpulan, ada 3 hal yang perlu diingat dalam proses defrag PC kesayangan Anda.

Jika menggunakan SSD Drive maka itu artinya Anda tidak perlu lagi melakukan defrag. Jika Anda menggunakan Windows 7 atau Vista maka yang perlu Anda lakukan adalah melihat jadwal defrag yang memang dilakukan secara otomatis.

Jika Anda menggunakan Windows XP maka jalan satu-satunya adalah dengan menginstall aplikasi dari luar. Jika tidak memungkinkan untuk menginstall aplikasi tersebut di atas maka cara lain yang mungkin bisa Anda lakukan adalah mengupgrade PC kesayangan Anda menjadi Windows 7 atau Vista.

Dengan mengetahui cara defrag yang benar, itu artinya Anda ikut menjaga performa PC kesayangan Anda. Sebaliknya, jika Anda terus-terusan mendefrag tanpa mengetahui informasi semacam ini, bisa jadi PC Anda justru terganggu dan performanya menurun.

Semoga informasi mengenai proses defrag PC ini berguna bagi Anda. Jika sudah mengerti segera praktekkan dan semoga PC Anda awet dan nyaman untuk digunakan untuk jangka waktu yang lama. Selamat mencoba dan lihat hasilnya untuk PC kesayangan Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *