Dalam Hal Kecepatan, Teknologi Asia Adalah yang Terbaik

By on January 28, 2016
2. Dalam Hal Kecepatan, Teknologi Asia Adalah Yang Terbaik 1

Teknologi yang ada saat ini membuat hidup menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah kecepatan. Dan, untuk faktor kecepatan, teknologi Asia dapat dikatakan sangat unggul.

Hal ini tampak dari berbagai jenis teknologi yang dikembangkan oleh negara-negara di Asia. Yang paling menonjol adalah teknologi-teknologi yang dikembangkan oleh negara-negara seperti Jepang, China, Taiwan atau Korea Selatan. Teknologi dengan basis kecepatan yang mereka kembangkan dapat bersaing dan sejajar dengan produsen teknologi lainnya asal negara-negara Barat.

Untuk Jepang sendiri misalnya, mereka sukses mengembangkan kecepatan dalam hal motor. Hal ini dapat dilihat dari motor yang dikembangkan perusahaan asal Jepang, seperti Honda, Toyota dan Suzuki. Buktinya pun sudah terlihat pada gelaran MotoGP, dimana Marc Marquez pernah mengendarai RC213V, motor produksi Honda, hingga mencapai kecepatan 350,4 km/jam.

Dalam hal supercar, mungkin Anda akan berpikir Lamborghini atau Ferrari. Tetapi, Jepang juga berhasil mengembangkan supercar yang sangat cepat, seperti GT-R Nismo. Dengan menggunakan mesin VR38DETT 3,8 liter dengan twin turbo V6, mobil ini dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 4 detik saja. Mobil ini juga pernah digunakan dalam film Fast Furious 7.

Selain mobil dan motor, kereta cepat juga didominasi oleh teknologi Asia. Jepang dan Korea Selatan sebelumnya menjadi raja di bidang ini. Namun, saat ini, China berhasil merusak dominasi mereka dengan meluncurkan kereta cepat CRH 380A. Yang menarik, kereta ini juga rencananya akan digunakan di Indonesia pada jalur cepat rute Jakarta-Bandung. Jarak 150 km antara dua kota ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

Tidak hanya cepat di lintasan, banyak negara di Asia juga mengembangkan kecepatan dalam hal teknologi telekomunikasi. Pengembangan gadget yang dapat mengirimkan data dalam waktu cepat atau memotret dengan kecepatan tinggi adalah beberapa diantaranya.

Untuk teknologi pengambilan gambar yang super cepat, negara Asia dapat dikatakan menjadi juaranya. Misalnya LG yang mengembangkan teknologi laser focus yang mampu mengatur fokus terbaik saat mengambil gambar melalui kamera hanya dalam waktu 0,1 detik saja. Banyak perusahaan Asia lainnya yang juga mengembangkan teknologi ini dan berhasil mencapai kecepatan yang sama.

Namun, apalah artinya kecepatan bila tidak disertai dengan daya tahan. Hal ini rupanya juga menjadi perhatian para pengembang teknologi di Asia. Mereka juga menambahkan faktor daya tahan pada produk-produk teknologi mereka. Contoh yang paling mudah adalah kecepatan pengisian ulang baterai ponsel, misalnya, isi ulang dalam waktu 5 menit dan dapat digunakan untuk 2 jam.

Dan, yang terbaru dan sedang naik di Indonesia adalah teknologi jaringan internet. Jaringan internet 4G juga dikembangkan lebih jauh untuk dapat memberikan akses internet tercepat bagi pengguna teknologi di Asia. Contoh mudahnya adalah Oppo dengan R7 mereka. Yang pasti, teknologi Asia dapat dikatakan tidak kalah dan mungkin akan menjadi pemimpin di masa depan.

Teknologi Asia

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *