Cerdas Memanfaatkan Kamera Smartphone

By on November 17, 2013
4.Cerdas Memanfaatkan Kamera Smartphone1

Produk ponsel pintar semakin hari semakin merajai pasaran ponsel dunia termasuk di tanah air. Ponsel pintar memang semakin dicari karena fungsinya yang semakin beragam sesuai dengan namanya. Dengan permintaan ponsel pintar yang semakin meningkat, tidaklah mengherankan jika produsen ponsel pun berlomba-lomba untuk membuat produk ponsel pintar dengan harga miring dan fitur yang mumpuni.

Kini, Anda bisa dengan mudah menemukan produk ponsel pintar dengan fitur lumayan dan harga yang miring. Ponsel pintar tersebut biasanya memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan penggunaan internet, tetapi kebanyakan ponsel pintar juga dilengkapi dengan fitur menarik lain termasuk fitur kamera yang didukung dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan hasil pemotretan atau pengambilan video.

Nah, biasanya Anda hanya menggunakan kamera smartphone untuk memotret atau merekam video saja karena memang inilah fungsi utama karema yang dipasang pada beragam ponsel pintar. Namun, bukan ponsel pintar namanya jika kamera yang terpasang tersebut hanya bisa digunakan untuk merekam dan memotret. Rupanya Anda bisa menggunakan kamera pada ponsel pintar tersebut untuk beragam kegunaan sehingga fungsi kamera pada ponsel tersebut semakin maksimal.

Anda bisa menggunakan kamera yang terpasang pada ponsel pintar Anda untuk memindai barcode barang. Fungsi ini memang belum banyak digunakan di Indonesia. Biasanya, pengguna memindai barcode barang tersebut untuk kemudian melihat harga barang di dunia maya agar mereka bisa memesannya secara online. Agar fungsi ini bisa lebih sempurna, Anda bisa menggunakan Price Check by Amazon App yang membuat pengguna bisa menemukan produk yang dimaksud dan langsung membelinya secara online jika harga barang online lebih murah.

Fungsi kedua yang bisa Anda manfaatkan dari kamera smartphone Anda adalah untuk menerjemahkan bahasa. Anda cukup menfoto tulisan dan menggunakan fituroptical character recognition pada Google Translate agar kemudian Google Translate menerjemahkan kata yang sudah ditandai secara otomatis.

Kamera pada ponsel pintar Anda juga bisa digunakan untuk melakukan pencarian visual dengan memanfaatkan Google Googles. Pencarian ini bisa digunakan untuk menemukan produk atau tempat. Anda cukup memotret produk atau tempat yang Anda maksud dan Google Googles bisa memberikan informasi mengenai produk atau tempat tersebut.

Anda mungkin sudah sering menemukan aplikasi yang menggunakan QR code karena cara ini memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak data dibandingkan dengan sistem barcode. QR code ini bisa digunakan dalam aplikasi chatting untuk mengundang orang lain bagi pengguna layanan pesan mulai dari BlackBerry Messenger hingga LINE. Nah, Anda bisa memindai QR code dengan penggunakan kamera smartphone Anda.

Perkembangan teknologi yang demikian pesat terkadang membuat Anda mengganti ponsel lama dengan yang baru dengan cepat. Ponsel pintar yang sudah tidak digunakan bisa Anda gunakan sebagai CCTV dengan memanfaatkan fasilitas video call misalnya dari LINE atau Skype yang dihubungkan dengan WiFi.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *