Cegah Hacker yang Ingin Curi FaceBook Anda

By on August 13, 2015
3. Cegah Hacker Yang Ingin Curi FaceBook Anda 1

Dunia media sosial saat ini semakin ramai, sebut saja semisal Twitter, Instagram, dan juga FaceBook. Dari semua media sosial, FaceBook adalah media sosial yang paling sering di hack oleh orang yang tak bertanggung jawab. Bahkan data-data Anda bisa dicuri dari FaceBook dan dipergunakan untuk berbagai hal yang tak Anda ketahui. Saat ini banyak sekali pihak yang memberikan peringatan agar setiap orang yang mempunyai akun FaceBook untuk mengatur ulang keamanan FaceBook karena banyak hacker yang ingin mencuri data-data penting seperti nomor ponsel Anda yang terdaftar di FaceBook.

Hal ini dipicu oleh seorang ahli software yang telah menemukan sebuah cara terbaru untukn mencuri data-data pengguna FaceBook dan bahkan akun FaceBook mereka hanya dengan menebak dari nomor HP mereka. ahli yang bernama Reza Moaiandin ini berhasil mendapatkan cara cepat untuk mengakses nama FaceBook beserta informasi profil dan bahkan foto serta lokasi pengguna  hanya dengan melakukan sedikit trik yang memanfaatkan celah di pengaturan privasi.

Hanya dengan mengetikan sebuah nomor ponsel secara acak di kotak pencarian dan FaceBook Anda sudah bisa ditemukan. Celah keamanan di FaceBook ini disebabkan oleh setting privasi yang berbunyi “Who can look me up?” yang dengan bahasa Indonesia artinya “ siapa yang dapat menemukanku.” Setting privasi ini mengijinkan semua orang yang punya akun FaceBook untuk menemukan FaceBook Anda.

Ahli software telah menciptakan sebuah program dengan code sederhana yang mampu memanen jutaan nomer ponsel yang dipergunakan di FaceBook dan kemudian menjalankan sebuah program berekstensi API untuk menemukan ponsel mana yang terkait dengan akun FaceBook aktif. Dengan cara tersebut ia mengaku mampu mendapatkan info yang lebih banyak dari para pemilik akun FaceBook  yang terkait dengan nomer ponsel yang ia kumpulkan.

Ia mengatakan bahwa celah keamanan privasi pada FaceBook ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk melakukan phising dan mungkin saja yang hilang bukan saja akun FaceBook namun juga info kartu kredit dan uang. Ahli software tersebut mengatakan saat ini hampir semua FaceBook dapat diretas dan datanya dijual ke pasar gelap hanya dengan mengumpulkan nomer ponsel dengan sebuah algoritma sederhana.

Untuk mengatasi pencurian data semacam ini sebenarnya sangat mudah yaitu dengan menutup setting “who can look me up” tadi. Caranya ana hanya perlu masuk ke setting  dan kemudian akses ke privasi di bagian menu sebelah kiri. Cari tulisan “Who can look you up using phone number you provided?” dan klik menu edit. Cari dan pilihlah “Friends”, dengan setting ini maka hanya teman-teman Anda yang bisa menemukan FaceBook Anda dari kolom search.

FaceBook

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *