Cegah Anak Hilang Dengan FILIP

By on December 4, 2013
2.Cegah Anak Hilang Dengan FiLIP 1

Perkembangan teknologi yang semakin canggih selalu membawa kebaikan bagi umat manusia. Bagaimana tidak? Bahkan untuk saat ini, sudah ada teknologi yang dapat membantu orang tua untuk senantiasa menjaga anak-anak kesayangan mereka sendiri. Sebuah perusahaan kenamaan dunia yang bernama FILIP baru-baru ini merilis sebuah perpaduan apik antara jam tangan pintar dan juga ponsel yang merupakan sebuah produk hybrid yang akan membuat orang tua mampu mengawasi kegiatan dan lokasi anak mereka.

Apabila dilihat sepintas, tidak ada perbedaan yang mencolok antara FILIP dan jam tangan-jam tangan lain pada umumnya. Yang membuat jam tangan ini menjadi lebih unik adalah karena kemampuannya untuk memberi tahu lokasi dari sang pengguna jam, serta kemampuannya untuk melakukan panggilan layaknya sebuah telepon genggam. Fitur-fitur keamanan inilah yang menjadi daya tarik utama dari ‘telepon jam’ ini, membuatnya sebagai salah satu produk paling dilirik pasar untuk tahun ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perangkat jam tangan ini dapat melakukan beberapa panggilan layaknya sebuah telepon seluler. Sayangnya, pengguna perangkat ini hanya baru dapat melakukan panggilan dan menerima panggilan dari lima nomor orang yang telah terdaftar sebelumnya, tidak lebih. Pembatasan ini dapat dimaklumi karena ide awal perangkat ini memiliki fungsi untuk melindungi sang anak. Sehingga, dengan membatasi panggilan, sang anak dapat terlindung dari berbagai macam scam dan agar terhindar dari pengaruh orang-orang berbahaya.

 

Agar dapat berhubungan dengan sang anak, orang tua diwajibkan untuk menggunakan aplikasi bernama FILIP yang sekarang sudah tersedia di berbagai macam platform seperti Android dan iPhone. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, baik orang tua maupun orang dewasa lain yang sudah didaftarkan dapat secara langsung mengetahui lokasi keberadaan sang anak. Selain itu, aplikasi tersebut juga mengizinkan orang tua untuk melakukan berbagai panggilan, mengirim pesan dalam bentuk teks, dan atau mengatur sebuah fitur bernama ‘SafeZones’.

Apa itu fitur ‘SafeZones’? Fitur ini akan memberikan orang tua untuk membuat sebuah area aman atau lokasi aman di mana sang anak sering menghabiskan waktu-waktu luangnya atau harinya, misalnya di sekolah, taman bermain, dan juga rumah. Dengan fitur ini. FILIP akan mengirimkan notifikasi secara langsung kepada orang tua apabila sang anak atau pengguna jam secara aktif keluar masuk kawasan yang sudah tersetting memasuki kawasan ‘SafeZones’.

Dalam penggunaannya, perangkat ini juga sangat sederhana. Dengan hanya dilengkapi oleh dua macam tombol. Tombol pertama memiliki warna yang sama dengan casing perangkat, dan tombol kedua berwarna merah. Tombol kedua, apabila ditekan selama 3 detik, akan langsung memanggil ke nomor orang tua yang sudah terdaftar, apabila tidak diangkat, secara otomotis langsung mengalihkan ke nomor-nomor lain yang ada di daftar tadi. Selain itu, tombol merah juga akan menunjukkan lokasi, serta merekam suara di sekitar lokasi sang anak, cocok untuk kasus-kasus emergency.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *