Cara Perbaiki Baterai Smartphone Ngedrop Dengan Mudah

By on December 12, 2014
1. 3 Daftar Biang Keladi Baterai Cepat Habis untuk Android 2

Sebagai pemberi tenaga dalam smartphone yang anda pegang, sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau baterai menjadi bagian yang sangat dalam sebuah smartphone. Hal inilah yang kemudian mengilhami para produsen smartphone untuk membenamkan fitur baterain bertenaga besar supaya bisa menunjang kinerja smartphone anda lebih maksimal.

Tapi kapasitas usper gede saja tidak cukup, karena salah satu masalah yang selama ini sering mengganggu para pengguna smartphone adalah baterai ngedrop alias daya baterai yang cepat habis. Kalau sudah begini, sebesar apapun daya yang disematkan dalam smartphone tersebut, dan seberapa cepat pun fitur pengisian baterai, tetap saja kalau baterainnya sudah mengdrop, itu tidak bergun lagi.

Dalam kondisi seperti ini, kebanyakan dari kita akan langsung mencari solusi dengan mencari baterai pengganti, baik itu baterai yang memiliki spesifikasi yang sama, atau membeli baterai dari penyedia spare part smartphone yang anda gunakan. Tapi bagaimana kalau ternyata baterai yang kita butuhkan tidak tersedia? Solusi yang paling mudah dan murah adalah dengan melakukan kalibrasi.

Sistem operasi Android, pada dasarnya memiliki sistem pengaturan bateri sendiri yang akan menampilkan kapasitas dari baterai itu sendiri. Tapi sayangnya, terkadang sistem tersebut akan rusak dan daya yang ditampilkan ternyata tidak sama dengan yang tersimpan di dalam baterai. Akibatnya, smartphone anda akan terlihat ngedrop, padahal didalamnya baterai masih dalam kondisi baik-baik saja.

Kalibrasi ini sendiri merupakan salah satu metode untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai dalam smartphone Android supaya kembali seperti kondisi normal, sehingga si smartphone ini akan menampilkan berapa daya baterai yang masih tersimpan dalam smartphone anda secara jujur.

Bagaimana cara mengkalibrasi daya baterai ini?

Banyak cara yang bisa anda lakukan, salah satunya andalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau bis ajuga dengan me-root smartphone anda. Langkah ini bukan saja membutuhkan keahlian khusus, tapi juga beresiko untuk memberikan kerusakan yang fatal kepada smartphone anda. dengan kata lain, cara ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi mendesak!

Selain kedua cara berbahaya tersebut, ada langkah mudah dan sangat direkomendasikan unutk anda, yakni dengan melakukan kalibrasu smartphone dengan segala fasilitas yang terdapat dalam smartphone anda. caranya adalah, pertama anda isi ulang baterai sampai penuh (berdasarkan indikator baterai dalam smartphone). Setelah baterai terisi penuh, kemudian anda cabut charger dan matikan smartphone anda.

Ketika smartphone maish dalam posisi mati, sebaiknya anda lakukan pengisian daya kembali kembali sampai baterai benar-benar terisi penuh. Setelah itu, kembali cabut charger, kemudian hidupkan kembali smartphone anda. ketika sistem sudha berjalan normal, setting supaya lampu latar belakangnya terus hidup.

Dalma kondisi ini, and alakukan proses isi ulang kembali daya baterai sampai 100 persen. Setelah itu lepas charger dan pakai smartphone anda seperti biasanya sampai daya baterai dalam smartphone anda terkuras habis. Untuk lebih mempercepat terkurasnya baterai, anda bisa menggunakan smartphone untuk bermain game dan lainnya. Setelah habis, isi ulang kembali seperti sedia kala, dan selamat baterai anda sudah pulih!

3.Ini Rahasia Google Hemat Baterai Android.2

About Techno Freak

2 Comments

  1. dodo hidayat

    May 8, 2016 at 2:45 am

    trims jawaban cara mengatasi batere ngedrop

    • Melisa

      May 9, 2016 at 4:57 am

      sama-sama, gan. terimakasih telah membacanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *