Cara Mudah Recovery Windows 8

By on October 27, 2013
5. Cara Mudah Recovery Windows 8 1

Disebutkan bahwa hampir 40% pengguna komputer dunia masih mempergunakan Windows XP padahal sebentar lagi Microsoft akan mencabut dukungan terhadap sistem operasi Windows yang paling laku ini. Keengganan masyarakat untuk mengganti Windows XP dengan sistim operasi terbaru yaitu Windows 8 adalah karena Windows XP sangat mudah dipergunakan dan saat ini masih banyak program-program yang hanya dapat berjalan di Windows XP. Selain itu banyak orang belum paham bagaimana mempergunakan Windows 8, terutama jika terjadi kerusakan dan komputer harus diperbaiki.

Sebenarnya ada cara mudah recovery Windows 8 agar tidak terlalu banyak memakan waktu dalam proses perbaikan yang ada. Yang Anda perlukan hanyalah recovery Windows 8 disk yang dapat Anda buat dalam bentuk CD, DvD, FlashDrive dan HD eksternal. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus membuat recovery Windows 8 ini saat pertama kali Anda membeli komputer atau mengupgrade Windowsnya. Dengan Windows 8 disk ini Anda akan dapat melakukan  pemulihan untuk sebagian besar kerusakan software yang dapat diselesaikan dengan install ulang.

Recovery disk memang dipersiapkan oleh Windows 8 untuk menjadi dewa penolong bagi Anda saat terjadi kesalahan dan kerusakan sistem komputer. Paling tidak recovery disk dapat mempersingkat proses perbaikan. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa komputer Anda apakah sudah mempunyai partisi pemulihan. Caranya buka bar Charm dan pilih search. Usahakan Anda menjadi administrator komputer dengan cara klik command Prompt dan Run as Administrator.

Pada kotak yang muncul ketik recimg /showcurrent dan tekan enter. Jika pesan yang muncul adalah “There is no active custome recovery image” maka itu Anda harus membuat recovery disk Windows 8 terlebih dahulu. Yang Anda butuhkan untuk melakukan cara mudah recovery Windows 8 ini adalah dapat mempergunakan flashdrive. Ada berbagai bentuk flashdrive seperti USB flash dan memory card. Dapat juga dengan CD/DvD.

Langkah berikutnya buka Command Prompt dan buka folder recovery image  dengan mempergunakan mkdir c:\RefresImage dan enter. Setelah selesai Anda harus memerintahkan Windows 8 membuat image di folder tersebut dengan recimg – Create Image c:\RefreshImage. Masuk Windows 8 pada menu Charm dan pilih Recovery menu. Buka setting dan pilih Create a Recovery Drive, tekan OK, dan masukkan password admin Anda.  Pastikan Anda centang kotak “Copy the Recovery Partition from the PC to the Recovery Drive” kemudian pilih Next.

Tancapkan USB Flash atau perangkat lain yang ingin Anda pergunakan untuk membuat recovery disk dan tekan next, ikuti petunjuk hingga selesai. Cara mudah recovery Windows 8 melalui perangkat ini dapat dipergunakan untuk booting jika komputer Anda tidak dapat booting dari hard drive dan restore Windows 8 Anda kembali, selesai!. Selamat mencoba.

About

One Comment

  1. denny restria

    January 29, 2014 at 8:29 am

    masalahnya adalah bagaimana bila windows 8 gagal booting dan kita tidak punya recovery disk nya .. ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *