Cara Mudah Merawat Smartphone Kesayangan Anda

By on August 3, 2015
3.Cara Mudah Merawat Smartphone Kesayangan Anda1

Memiliki smartphone Android memang menyenangkan. Smartphone ini seperti mengerti apa yang kita inginkan dalam sebuah ponsel. Ponsel menjadi sebuah alat yang tidak hanya sekedar alat komunikasi semata.

Namun, bukan berarti Anda hanya memakainya terus menerus tanpa merawatnya. Jika itu terjadi, tidak mengherankan jika smartphone Anda cepat sekali rusak. Jika dibiarkan saja, bukan tidak mungkin jika ponsel kesayangan Anda tersebut tidak bisa diselamatkan lagi.

Alhasil, Anda harus membeli ponsel yang baru lagi yang artinya Anda harus mengeluarkan uang lagi. Untuk mengurangi masalah tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk merawat smartphone kesayangan Anda.

Salah satu yang perlu Anda rawat adalah RAM pada android. RAM sangat penting untuk dirawat sehingga smartphone Anda bisa beroperasi dengan kecepatan normal seperti saat Anda membelinya. Salah satu cara untuk merawat smartphone khususnya merawat RAM adalah dengan mematikan smartphone Anda.

Ada baiknya untuk mematikan smartphone secara berkala. Walaupun nampak sepele tapi jika Anda melakukannya maka jumlah space RAM akan menjadi lebih besar. Pasalnya, aplikasi yang dijalankan belum terlalu banyak.

Caranya adalah dengan mematikan sebentar smartphone Anda kemudian menyalakannya kembali. Perlu Anda ketahui pula bahwa smartphone yang jarang dimatikan maka space RAMnya lebih sedikit. Selain itu, Anda juga harus sering melihat space RAM pada smartphone Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengontrol sekaligus melakukan penghematan terhadap penggunaan RAM. Anda cukup masuk ke bagian setting kemudian pilih apps. Setelah itu, cari menu manage app dan geser ke bagian kanan.

Pada langkah ini, Anda akan menemukan menu Running. Jika Anda tidak ingin rumit dalam merawat smartphone Anda khususnya untuk merawat RAM, maka Anda hanya perlu mendownload aplikasi di PlayStore saja. Saat ini tersedia satu aplikasi bernama RAM Cleaner.

Cara lain untuk merawat smartphone Android Anda adalah dengan membatasi install aplikasi. Memang benar, banyak sekali aplikasi yang menarik perhatian. Namun, Anda baiknya mempertimbangkan mana aplikasi yang penting khususnya untuk jangka panjang.

Aplikasi Messenger adalah aplikasi yang membutuhkan RAM yang cukup besar, sehingga Anda harus bijak dalam memilih aplikasi Messenger. Bagaimana jika Anda memiliki banyak sekali aplikasi pada smartphone Anda?

Caranya adalah dengan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan pada background. Tidak heran jika kecepatan smartphone Anda melambat. Aplikasi lain yang perlu Anda download untuk merawat smartphone adalah Smart Launcher.

Ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar dan fungsinya sangat bermanfaat untuk menghemat RAM pada smartphone Anda. Perhatikan pula browser yang Anda gunakan. Untuk menghemat RAM gunakan browser seperti Opera Mini dan UC Browser Mini. Semoga cara-cara di atas membantu Anda untuk merawat smartphone kesayangan Anda sehingga tidak mudah hang ataupun error.

Merawat Smartphone

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *