Cara Mudah Merawat Ponsel Android

By on November 13, 2013
4.Cara Mudah Merawat Ponsel Android1

Ponsel Android yang sudah di ROM atau di root akan berpotensi mengalami bricking atau kerusahan perangkat. Sebelum ponsel Android kesayangan Anda mengalami bricking atau kerusakkan, ada baiknya untuk menyimak beberapa cara merawat ponsel Android khususnya ponsel yang sudah di-root. Salah satu cara merawat ponsel Android Anda adalah dengan menginstal custom recovery.

Perlu diketahui bahwa, Android memiliki 3 metode pemulihan kerusakan yaitu download, bootloader dan recovery. Cara yang ketiga merupakan cara yang paling efektif. Setidaknya, Anda bisa melakukan banyak pilihan termasuk memulihkan gambar pabrik salinan asli dari sistem operasi yang Anda gunakan. Cara custom recovery diambil karena dengan cara ini Anda bisa membackup sistem operasi yang digunakan dalam ponsel pintar Anda tersebut.

Backup ini sangat berguna walaupun nantinya Anda tidak menginstall custom ROM. Ada dua pilihan yang bisa Anda gunakan jika memilih merawat Android dengan custom recovery. 2 cara tersebut adalah Team Win Recovery Project atau TWRP dan Clock Work Mod atau CWM. Walaupun 2 cara tersebut sangat terkenal dan umum digunakan tapi rupanya tidak semua perangkat Android kompatibel dengan alat ini.

Bagi Anda yang memiliki Android yang kompatibel dengan alat ini, maka install salah satunya saja. Cara lain merawat Android adalah dengan membiasakan diri dengan fastboot atau ADB. Sebelum memodifikasi ponsel pintar Anda, pastikan dulu jika Anda sudah terbiasa dengan perintah fastboot atau Android Debug Bridge.

Detailnya, Anda harus sudah mengetahui cara memulihkan perangkat kesayangan Anda ini dengan menyalakan gambar pabrik. Gambar pabrik tersebut terletak di baris perintah. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan file-file penting terlebih dahulu. Lakukan pemindahan tersebut secara manual. Cara fastboot memungkinkan Anda untuk mengakses handset Android langsung dari komputer

Jika penjelasan tersebut masih belum cukup maka cara merawat ponsel Android selanjutnya adalah dengan membuat backup. Cara ini biasa dipilih karena Anda bisa memperbaiki sistem operasi yang rusak tanpa menggunakan baris perintah. Jika Anda memilih cara ini, maka pastikan bahwa backup ditempatkan pada lokasi yang mudah diakses.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat backup pada kartu SD atau menyimpannya dekat dengan directory root sistem perangkat Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat recovery dari dalam recovery Anda sendiri. Langsung cari “Backup” pada perangkat Anda lalu pilih semua partisi yang tersedia. Anda bisa merestore satu saja atau bahkan semuanya.

Hal ini juga berguna jika Anda sudah terlanjur menginstal ROM baru. Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan aplikasi yang dulu. Setidaknya, cara ini lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan Titanium Backup. Semoga dengan beberapa cara merawat ponsel Android di atas, Anda bisa tetap menjaga ponsel pintar kesayangan agar performanya berjalan dengan lancar.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *