Cara Mudah Menyembunyikan Partisi Harddisk

By on December 5, 2013
5.Cara Mudah Menyembunyikan Partisi Harddisk1

Ada beberapa data atau file yang memang sengaja disembunyikan oleh pemiliknya. Alasanya beragam mulai karena data tersebut bersifat rahasia, mengamankan dari virus, film dan video yang memang untuk keperluan pribadi. Proses ini sangat berhubungan dengan yang namanya partisi harddisk. Partisi sendiri merupakan bagian-bagian dalam sebuah sistem komputer yang berada pada harddisk.

Tempat tetapnya adalah pada memori penyimpanan yang terpecah-pecah. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan partisi harddisk dalam windows 8. Tentunya adan beberapa cara untuk melakukan hal tersebut. Hal dasar yang bisa Anda lakukan adalah mendownload aplikasi bernama NoDrive Manager. Ukuran filenya adalah 5MB.

Setelah proses download selesai, langsung install aplikasi tersebut pada windows 8 Anda. Jika proses install selesai, jalankan aplikasi tersebut. Pada proses ini, Anda akan mulai menyembunyikan partisi harddisk yang Anda kehendaki. Caranya adalah dengan melakukan proses centang pada huruf yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Setelah memilih huruf yang ada, Anda tinggal memilih tombol set/change passwords.  Dalam proses ini Anda akan diminta untuk menuliskan password. Ingat baik-baik password yang Anda ketikan. Jika Anda sampai melupakan password, maka partisi yang sudah Anda sembunyikan tidak akan bisa diakses. Jika proses ini sudah Anda lakukan, jangan lupa untuk memilih tombol save change.

Mungkin Anda merasa bahwa proses yang Anda jalankan gagal karena sepertinya partisi harddisk yang Anda sembunyikan masih kelihatan. Jangan kecewa terlebih dahulu. Ini karena untuk melihat hasil dari proses penyembunyian tersebut, Anda harus melakukan restart. Jadi segera restart windows 8 Anda untuk melihat hasil langkah-langkah di atas.

Lalu, bagaimana cara mengakses file-file tersebut. Anda bisa mengakses partisi harddisk yang Anda sembunyikan tersebut melalui command prompt. Tentu saja, Anda bisa menampakkan lagi partisi yang sudah Anda sembunyikan tadi. Caranya tentu masih menggunakan aplikasi NoDrive Manager. Untuk menampakkan file yang Anda sembunyikan,

Anda cukup mengosongkan tanda centang yang tadi Anda lakukan. Jangan lupa untuk melakukan penyimpanan setting dengan cara menekan tombol save change. Untuk melihat hasilnya, Anda tentu harus melakukan restart. Setelah proses restart, Anda akan kembali melihat partisi harddisk yang tadi sudah Anda sembunyikan.

Cukup mudah bukan? Sebagai informasi tambahan, aplikasi NoDrive Manager bisa dijalankan dengan berbagai sistem operasi windows seperti windows XP, Vista dan windows 8. Kabar baiknya, Anda juga tidak memerlukan aplikas perangkat keras untuk menginstal aplikasi ini pada windows 8 kesayangan Anda.

 

Intinya, aplikasi ini sangat ringan dan mudah untuk digunakan khususnya untuk menyembunyikan partisi harddisk yang Anda anggap penting dan tidak untuk diketahui orang lain. Jadi, selamat mencoba pada windows 8 kesayangan Anda. Pastikan langkah yang Anda lakukan benar untuk mengurangi risiko gagal. Jika memang gagal maka ulangi langkah-langkah dari awal lagi.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *