Cara Mudah Mengoptimalkan Mac OS X Anda

By on September 20, 2013
5. Cara Mudah Mengoptimalkan Mac OS X Anda1

Mac OS X sangat disukai oleh penggunanya karena performanya yang sangat optimal. Dalam hal ini, pengguna bisa menggunakannya hingga berjam-jam dengan performa yang relatif stabil. Tapi tidak mustahil jika tiba-tiba Mac OS X yang Anda gunakan menjadi lambat. Tapi jangan khawatir karena Anda masih bisa mengoptimalkan OS X yang Anda gunakan saat ini. Hal perlu Anda lakukan agar performa OS X yang anda gunakan optimal adalah dengan membersihkan bagian desktop.

5. Cara Mudah Mengoptimalkan Mac OS X Anda2

Folder-folder yang ada di desktop akan menambah beban Mac Os X yang Anda miliki. Tentunya, proses ini akan memperlambat kinerja komputer. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat folder tersendiri bernama Archive kemudian simpan semua data dan file Anda dalam folder Archive tersebut. Selain itu, bersihkan juga macbook Anda dari aplikasi sampah atau aplikasi yang sudah terinstal tapi tidak digunakan. Untuk membersihkan aplikasi sampah tersebut, Anda bisa menggunakan App Cleaner sehingga Anda bisa memastikan bahwa tidak ada data-data yang terkait dengan aplikasi sampah tersebut yang tersisa. Dengan begitu performa macbook Anda akan kembali optimal. Batasi pula startup item yang akan dimunculkan. Untuk performa macbook yang optimal Anda cukup menampilkan hingga 5 item saja pada saat startup. Jika Anda ingin memeriksa jumlah item lihat bagian system preference, accounts, login items kemudian hapus yang tidak perlu. Biasanya, OS versi lama memuat dua kode namun sebenarnya aplikasi-aplikasi yang ada hanya memerlukan satu jenis kode saja. Untuk itu, Anda bisa membuang salah satu kode tersebut. Gunakan aplikasi xSlimmer untuk membuang salah satu kode agar kinerja macbook Anda semakin optimal. Jangan lupa untuk membatasi penggunaan widgets. Ini karena penggunaan widgets yang berlebihan akan memakan memory macbook yang Anda gunakan. Karena terkadang widgets juga sangat dibutuhkan maka ada baiknya Anda membatasi penggunaannya atau mematikan Dashboard. Gunakan saja Activity Monitor untuk memonitor semua proses fitur dalam macbook yang Anda gunakan. Kemudian periksa proses mana yang sedang berjalan dan proses mana yang membuang memory Anda. Pilih hanya fitur yang Anda perlukan saja untuk dijalankan.

Anda tidak perlu menjalankan semua fitur pada Mac OS X. Contohnya, Anda bisa mematikan translation bahasa, Bluetooth dan koneksi internet jika memang Anda belum menggunakannya. Jika Anda menjalankan semua fitur maka akan sangat wajar jika macbook pribadi Anda berjalan sangat lambat dan tidak optimal. Bersihkan pula hardisk pada macbook Anda. Periksa kembali apakah data-data tersebut masih Anda perlukan. Jika sudah tidak diperlukan maka segera hapus agar kinerja macbook tidak terlalu berat. Ada baiknya untuk membeli eksternal hard disk dan menyimpan data-data lama yang mungkin akan Anda butuhkan kembali suatu saat. Maintenance macbook secara berkala setiap 1 atau 2 bulan sekali. Pastikan pula bahwa Anda menggunakan aplikasi terbaru dari App Fresh.

5. Cara Mudah Mengoptimalkan Mac OS X Anda3

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *