Cara Mudah Menghemat Mobile Data Android agar Tidak Bangkrut

By on November 6, 2013
4. Cara Mudah Menghemat Mobile Data Android agar Tidak Bangkrut1

Seringkali ketika menggunakan ponsel pintar maka koneksi internet yang anda akses menggunakan mobile data android. Sayangnya penggunaan mobile data tersebut justru menggunakan tarif yang tidak murah. Jika terlalu sering menggunakan mobile data dalam akses internet anda bisa-bisa anda akan menghabiskan kuota bulanan yang telah anda beli bahkan dalam jangka waktu yang relatif singkat, tidak sampai beberapa minggu. Apalagi jika ada aplikasi android anda yang secara otomatis melakukan update maka dengan mudah kuota bulanan Anda akan habis. Jika seringkali mengalami hal ini secara terus menerus bisa-bisa Anda mengalami kebangkrutan untuk membiayai penggunaan ponsel pintar Anda.

Hmm, jangan sampai ponsel pintar Anda malah merugikan Anda. Anda harus tahu menyiasatinya agar Anda bisa menghemat kuota bulanan dari mobile data Anda. Apa sajakah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota bulanan dan juga mobile data Anda? Cara pertama adalah dengan menjalankan Google Play Store gadget Anda. Kemudian bukalah pilihan menu. Pilih Settings. Kemudian pilih Auto. Selanjutnya pada bagian Update Apps pastikan Anda sebaiknya memilih “auto-update apps over Wi-Fi only.” Dengan memilih pilihan ini maka aplikasi yang menggunakan WiFi dapat terupdate jika mengenali adanya WiFi. Namun apabila Anda lebih tertarik melakukan update secara manual sebaiknya Anda memilih “do not auto-update apps.”

Cara kedua untuk menghemat mobile data android Anda adalah dengan melakukan pengaturan konfigurasi aplikasi sinkronisasi data. Beberapa gadget biasanya akan sering melakukan sinkronisasi secara otomatis ketika terhubung dengan gadget lain yang setara yang anda miliki atau jika perangkat android kamu terhubung dengan internet. Konten seperti foto dan video akan memakan banyak koneksi data jika disinkronisasi. Untuk mencegah hal ini sebaiknya atur masing-masing gadget Anda agar tidak melakukan sinkronisasi secara otomatis ketika terhubung internet atau gadget lain. Berikutnya jangan lupa untuk melakukan restriksasi background data anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka Settings, kemudian data usage kemudian lihat aplikasi yang menggunakan koneksi data. Pilihlah restrict background data untuk mencegah terjadinya update semua aplikasi anda.

Jika anda melakukan suatu perjalanan yang membutuhkan data, maka Anda dapat mengunduh cache map area tertentu dengan menggunakan WiFi. Kemudian anda akan dapat membuka peta ini tanpa menggunakan koneksi mobile data anda sehingga anda bisa lebih berhemat. Jangan lupa untuk melakukan compress penggunaan data pada browser anda. Web browser bisa memakan koneksi mobile data android yang sangat besar dan penggunaan kompresi data akan mengurangi penggunaan mobile data pada gadget anda. Biasanya pilihan kompresi ini berupa perintah reduced data usage atau perintah semacam data compression. Dengan cara tersebut maka Anda akan dapat menekan penggunaan mobile data Anda sehingga kuota bulanan Anda tidak akan gampang habis.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *