Cara Mudah Mencegah Blue Screen Pada Laptop

By on November 7, 2013
5.Blue Screen pada Windows1

Jika Anda sedang menggunakan windows, Anda harus sangat berhati-hati dengan Blue Screen. Faktanya, hal ini merupakan masalah serius bagi mereka yang menggunakan Windows. Salah satu yang membuatnya menjadi sangat serius adalah karena laptop atau komputer Anda tidak akan bisa digunakan secara maksimal.

Sebelum masalah serius ini menimpa laptop atau komputer Anda, ada baiknya untuk mempelajari cara mencegah Blue Screen padaWindows.  Walaupun masalah ini sangat serius dan meresahkan Anda, tapi kabar baiknya ada beberapa cara yang bisa Anda gunakanuntuk mencegah Blue Screen pada laptop atau komputer Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan Backup registry. Caranya, Anda bisa langsung masuk pada menu Start kemudian pilih Run. Setelah itu, ketik kata regedit. Jika sudah, tekan tombol enter.

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu File. Lakukan eksport untuk membackup registry. Untuk melakukan cara ini, ada baiknya Anda menggunakan flashdisk atau removable yang lainnya. Selain dengan menggunakan backup registry, Anda juga bisa menghindari terlalu banyak upgrade. Faktanya, masalah Blue Screen sering terjadi saat Anda melakukan upgrade.

Selain menghindari terlalu sering ugrade, Anda juga harus menghindari banyak menginstal software. Akan lebih baik jika Anda hanyamenginstal software yang memang Anda butuhkan saja. Selain itu, gunakan pula software khusus saat ingin menguninstall software yang sudah tidak Anda butuhkan lagi.

Memiliki software yang terlalu banyak akan berpotensi mengakibatkan Blue Screen dan akan membahayakan komputer atau laptop Anda. Selain 2 hal tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah program yang Anda buka saat mengoperasikan komputer atau laptop Anda.Ini terkait dengan low memory.

Jangan terlalu banyak membuka program khususnya jika program tersebut terlalu berat. Kendala akan muncul apabila kapasitas RAM Anda tidak terlalu besar. Hasilnya, komputer Anda akan menjadi lambat. Bahkan, kemungkinan besar laptop dan komputer Anda akan mengalamierror. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari Blue Screen adalah dengan melakukan Defrag hardisk.

Sangat dianjurkan untuk melakukan Defrag secara berkala. Anda bisa menggunakan fitur Defrag yang memang sudah bawaan Windows. Anda juga bisa menginstall software khusus Defrag yang mungkin lebih canggih dari yang sudah ada pada Windows. Jika Anda sudah membaca cara mencegah Blue Screen tersebut di atas, maka tugas Anda selanjutnya adalah mencobanya.

Lakukan cara tersebut satu per satu. Lakukan cara pertama terlebih dahulu. Jika cara pertam dirasa kurang efektif atau tidak berpengaruh maka silakan lakukan cara selanjutnya. Walaupun tampak memakan waktu tapi Anda harus melakukan cara tersebut demi keamanan komputer atau laptop Anda.

Ingat! laptop atau komputer tidak hanya digunakan tetapi juga harus dirawat sehingga terhindar dari berbagai masalah termasuk masalah Blue Screen. Setidaknya, dengan cara-cara tersebut, kinerja komputer atau laptop Anda tetap terjaga.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *