Cara Mudah Melindungi Smartphone Android Anda

By on October 2, 2013
4.Cara Mudah Melindungi Smartphone Android Anda1

Bila kita melihat perkembangan ponsel pintar atau Smartphone saat ini, peforma gadget kecil yang satu ini bisa dibandingkan dengan komputer. Memang, hal ini terlihat seperti kabar gembira. Tapi, ada satu hal yang perlu kita ingat, bila kita berbicara mengenai komputer. Ya, komputer bisa mendapatkan serangan virus komputer.

Android tidak lepas dari masalah virus ini, Bahkan, Trend Micro, salah satu perusahaan keamanan IT mencatat bahwa lubang keamanan ternyata banyak ditemukan pada Smartphone Android, khususnya saat anda menggunakannya untuk bermain game atau menggunakan aplikasi yang anda unduh dari internet.

Akibatnya, aplikasi ini akan memberikan anda link menuju situs yang dapat membuat Smartphone anda macet atau biasa dikatakan “hang”.

Malware yang sudah terdeteksi saat ini ada banyak, seperti Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A, serta yang terbaru adalah Droid Dream Light (DDLight) yang sudah memakan korban 25 aplikasi and 30.000 sampai 120.000 pengguna yang mengaku terpengaruh oleh malware ini.

Tapi, Anda bisa melindungi Smartphone Android anda dengan beberapa langkah berikut ini. Trend Micro memberikan beberapa tips agar anda bisa menggunakan aplikasi di Smartphone Anda dengan nyaman dan aman.

4.Cara Mudah Melindungi Smartphone Android Anda2

Yang pertama adalah fitur keamanan pada Smartphone anda. Sangat penting untuk mengaktifkan fitur ini setiap saat. Caranya, pilih menu Setting, Location & Security dan masukkan data seperti no PIN dan Password. Gunanya, agar saat Smartphone anda hilang, data-data yang ada didalamnya akan terlindungi dan tidak hilang.
Untuk melindungi Smartphone Android dari pencurian data, anda juga perlu mematikan fitur auto connect untuk Wi-Fi. Salah satu hal yang berbahaya adalah data anda saat membuka online banking melalui Smartphone Anda bisa dicuri. Caranya, pilih menu Wireless & Network, WiFi Setting dan nonaktifkan auto connect.

Bila Anda ingin mengunduh aplikasi, unduh dan instal aplikasi dari Android Market. Mengapa? Ada kasus terbaru dimana ditemukan Trojan Android dari aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga di Cina.

Bila aplikasi yang anda instal meminta ijin membuka data pribadi Anda, seperti akses ke list kontak, Anda harus berhati-hati. Bisa jadi, aplikasi ini disusupi oleh malware yang dapat mencuri data-data pribadi Anda.

Untuk meningkatkan keamanan Smartphone Android anda, fitur keamanan standar tidaklah cukup. Bila perlu, anda juga bisa menginstall aplikasi keamanan tambahan khusus untuk Smartphone anda. Dengan cara ini, Smartphone Android anda akan mempunyai beberapa lapis keamanan yang dapat melindungi Smartphone Android dari berbagai macam ancaman. Artinya Anda bisa menggunakan Smartphone anda dengan lebih nyaman dan aman.
Trend Micro juga mempunyai aplikasi Trend Micro Mobile Security for Android yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini bisa melindungi password atau transaksi mobile banking Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *