Cara Mudah Hemat Baterai Android

By on January 14, 2014
4. Cara Mudah Hemat Baterai Android 1

Bisa dipastikan Anda mencharge gadget Android Anda tiap 3-4 jam sekali. Hal in memang umum terjadi karena kecenderungan para pemakai gadget, seperti Anda, untuk mengutak-utik gadget Anda setiap waktu seperti mengakses internet, chatting, video call, atau iseng bermain game online dari Android Anda. Memang saat ini Anda sudah bisa membeli powerbank dimana Anda bisa mencharge ponsel Anda kapan saja dan dimana saja. Namun ada cara mudah hemat baterai Android tanpa harus sering-sering mencharge ponsel Anda.

Baterai yang boros pada gadget Android Anda bukanlah pertanda gadget Anda sudah rusak atau baterai Anda soak karena fenomena ini terjadi pada semua gadget Android. Penyebab utama borosnya baterai ini adalah penggunaan yang terus menerus dan juga daya yang dipergunakan untuk mengakses koneksi internet, khususnya pada daerah yang miskin sinyal selain itu setiap aplikasi yang berjalan di Android Anda juga mengkonsumsi listrik dengan presentase yang berbeda.

Namun jika gadget Anda lebih banyak nganggur maka yang paling banyak mempergunakan energi adalah layar gadget tersebut. Jika Anda lihat di fitur setting dan masuk ke menu daya maka akan terlihat prosentasi penggunaan daya baterai di ponsel Anda. Disana  terlihat bahwa layar mengkonsumsi 30% -60% daya baterai gadget Anda. Sementara aplikasi-aplikasi lain hanya berkisar antara 3%-6% saja. Jadi sekarang Anda tahu kenapa Android Anda cepat sekali minta dicolok listrik.

 android, baterai android, smartphone, aplikasi

cara mudah hemat baterai untuk Android Anda adalah layar. Semakin besar layar gadget Anda maka semakin boros daya baterai yang dipergunakan. Selain itu tingkat kecerahan layar juga mempengaruhi cepat lambatnya baterai Anda habis. Oleh sebab itu jika Anda ingin tidak terlalu sering ngecharge HP maka yang perlu Anda lakukan adalah mengatur tampilan layar Anda. sudah jelas layar Anda tidak bisa dibuat mengecil tapi Anda bisa menghemat dengan cara meredupkan layar Anda.

Tips menghemat baterai ini bisa dilakukan dengan cara memilih background hitam atau yang berwarna gelap sehingga layar tidak membutuhkan energi listrik untuk memancarkan cahaya pada layar. Tips ini berlaku pada gadget yang mempergunakan layar selain layar jenis LCD. Tips ini sangat efektif jika layar Anda terbuat dari teknologi AMOLED yang mampu memancarkan cahaya. Jika layar Anda hitam maka secara otomatis tidak ada pixel yang membutuhkan listrik karena hitam adalah warna asli layar.

Jika gadge Anda mempunyai layar LCD maka tips ini tidak akan berjalan karena LCD tidak menghasilkan cahaya namun mentransmisi cahaya yang ada dibelakangnya. Jadi walaupun Anda memakai warna background hitam, panel dibelakang LCD tetap memancarkan cahaya berwarna hitam. Untuk cara mudah hemat baterai selanjutnya adalah mengubah background aplikasi Anda dengan warna yang lebih redup atau gelap. Dengan cara ini sebanyak 30-40% energi baterai akan dihemat dan memperpanjang hidup gadget Anda sampai beberapa jam.

android, baterai android, smartphone, aplikasi

BACA JUGA:

Kejutan Akhir Tahun Dari SkyDrive Untuk Pengguna Windows Phone

Jailbreak iOS 7.0.4 Dengan Menggunakan Aplikasi Evasion 7

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *