Cara Merekam Video Sekaligus Mengambil Gambar Dengan Ponsel Android

By on October 11, 2013
4. Cara Merekam Video Sekaligus Mengambil Gambar Dengan Ponsel Android2

Android telah menawarkan banyak sekali fitur-fitur canggih dan kali ini, Android kembali menawarkan satu kecanggihan terbaru yaitu kemampuan yang dapat memungkinkan pengguna merekam video sekaligus mengambil gambar. Dengan kemampuan terbaru tersebut, pengguna tidak perlu mengambil gambar dan merekam video secara terpisah saat ini dan tentu saja, ini merupakan hal yang menarik bagi mereka yang tidak ingin melewatkan moment-moment berharga dengan orang-orang tercinta. Sambil merekam suatu kegiatan, pengguna ponsel Android bisa mengambil foto snapshot untuk di share kepada pengguna Android  lain saat ini. Fitur canggih ini sendiri tidak tersedia pada semua Android dan beberapa ponsel Android yang hadir memiliki kemampuan merekam gambar dan video sekaligus tersebut diantaranya adalah HTC One dan Galaxy Nexus.

Fitur merekam video sekaligus mengambil gambar sendiri secara khusus tersedia pada Android versi Ice Cream Sandwich (ICS, version 4.0) ke atas. Alasannya yaitu karena aplikasi kamera pada versi tersebut serta versi-versi diatasnya telah memiliki fitur-fitur terbaru yang tidak terdapat pada pada versi-versi Android sebelumnya seperti precise images, zero shutter lag exposure, serta continuous focus. Fitur stabilized image zoom dapat memungkinkan untuk mengambil foto serta video seperti yang dia inginkan. Cara-cara untuk mengambil gambar sekaligus merekam video dengan ponsel Android pun sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Untuk mengambil gambar sekaligus merekam video dengan ponsel Android, pengguna tinggal mengetukkan jari pada layar untuk mengambil foto ketika sedang merekam video. Foto yang diambil secara otomatis akan tersimpan di Gallery tanpa harus menunggu proses perekaman video selesai maupun mengganggu proses perekaman video yang sedang dilakukan. Pada beberapa ponsel, fitur ‘anti-shake’ harus dinonaktifkan lebih dulu supaya fitur foto snapshot bisa berfungsi. Memang, hasilnya tidak semudah dengan menggunakan fitur kamera di mode foto meskipun cara mengambil foto sambil merekam video bisa dibilang sangat praktis.

Untuk mengambil gambar sambil merekam video, pengguna mungkin akan sedikit kesulitan dalam mencari fokus pengambilan gambar serta menyesuaikan berbagai parameter lainnya. Untuk itu, latihan mungkin akan sedikit banyak dibutuhkan agar pengguna bisa mendapatkan hasil pengambilan gambar yang cukup memuaskan. Biar begitu, fungsi pengambilan gambar dengan cara ini dapat memungkinkan pengguna untuk menangkap moment-moment yang betul-betul unik secara alami.

Setelah foto dan video berhasil diambil sekaligus, pengguna dapat secara mudah membagi foto dan video yang sudah diambil tersebut lewat pesan singkat, email, Bluetooth, maupun jejaring sosial. Selain itu, hanya diperlukan satu ketukan jari ke control kamera untuk mengambil foto sambil merekam video dengan fitur tersebut dan tentu saja, cara ini adalah cara yang sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Keberadaan fitur merekam video sekaligus mengambil gambar tersebut tentu dapat mempermudah serta menghemat waktu pengguna Android dalam mengambil gambar dan merekam video.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *