Cara Menonaktifkan Sistem Beep pada Windows 7

By on November 21, 2013
5.cara menonaktifkan sistem beep windows 7.1

Bagi orang yang sempat mengalami menggunakan komputer jadul, sistem beep pastinya tidak asing. Hal ini dikarenakan ketika menggunakan komputer jadul, mereka masih harus menggunakan sound card untuk dapat menyuarakan sesuatu dari komputer. Sistem beep bekerja dengan prinsip seperti ini hanya saja tak lagi populer karena sekarang ini sudah banyak speaker dan sound system.

Sistem beep ini masih ada di dalam Windows 7 dan karena sekarang ini orang tak lagi membutuhkan sistem ini, kadang orang merasa terganggu dengan keberadaannya. Jika ini terjadi yang harus dilakukan adalah menonaktifkan sistem ini. Setidaknya ada empat cara yang dapat Anda lakukan untuk menonaktfkan sistem ini pada Windows 7.

Gunakan Control Panel

Control panel memang digunakan untuk mengontrol hampir semua hal pada komputer sehingga menonaktifkan sistem beep dapat dilakukan dari sini juga. Ketika Anda sudah membuka control panel, Anda harus memilih hardware and sound, sound, kemudian change system sound.

Jika Anda melakukan pilihan tersebut akan muncul tab sound. Anda perlu mencari default beep pada bagian program events. Pada pengaturan sound, pilih none, dengan begitu sistem beep tak lagi bekerja dalam Windows 7 Anda. Tentu saja setelah Anda memilih OK atau apply untuk memastikan setting tersimpan.

Command Prompt

Ada orang yang malas untuk masuk ke dalam control panel dan lebih suka menggunakan command prompt karena praktis. Caranya adalah dengan membuka system beep menggunakan command prompt ini. Anda harus memulainya dari start menu, seperti Anda melakukan command prompt biasa.

Anda perlu menggunakan “net stop beep” atau “sc config beep start= disabled”. Jika Anda menekan enter, komputer akan siap untuk menjalankan perintah Anda. Perintah pertama untuk menonaktifkan permanen sampai Anda sendiri yang mengaktifkan sedangkan yang kedua merupakan perintah untuk menonaktifkan sementara yaitu hanya sampai booting berikutnya.

Registry Editor

Registry editor dapat menjadi opsi lain untuk menonaktifkan sistem beep di Windows 7 Anda.Menggunakan registry editor dapat beresiko mengganggu stabilitas sistem sehingga Anda perlu untuk berhati-hati. Jika Anda tidak paham dengan setting yang ada di registry system, lebih baik Anda memilih opsi lain saja dalam mematikan sistem beep.

Di start menu, Anda harus mengetikkan regedit. Begitu registry editor terbuka, Anda harusmemulih path HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Sound. Pada kolom bagian kanan, Anda akan menjumpai beep. Klik double untuk mengubah nilai dari tadinya yes menjadi no kemudian pilih OK untuk menyimpan setting ini.

Device Manager

Cara terakhir untuk menonaktifkan sistem beep ini adalah menggunaka device manager. Jika Anda membuka device manager, Anda tidak akan menjumai beep system sehingga Anda perlu memilih view, show hidden device. Pada bagian non plug and play drivers pilih beep dan disable.Dengan klik OK setelahnya, sistem beep akan nonaktif.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *