Cara Mengurangi Bising pada Komputer

By on October 23, 2013
5.Cara Mengurangi Bising pada Komputer1

Salah satu kendala menggunakan fan atau kipas angin sebagai alat pendukung perangkat komputer adalah kebisingan. Kebisingan ini bisa berasal dari getaran yang berasal dari kipas itu sendiri yang kemudian diteruskan pada media tempat dimana kipas tersebut dipasang. salah satu cara untuk mengatasi kendala bising pada komputer terkait dengan getaran kipas ini adalah dengan mengencangkan sekrup-sekrup yang ada. Hal ini sangat berguna karena jika sekrup-sekrupnya kencang maka bodi komputer tidak akan bergetar.

Selain itu, kebisingan komputer bisa terjadi karena dengungan akibat tingginya putaran baling-baling kipas. Biasanya masalah ini muncul jika Anda memasang kipas di prosesor. Perlu Anda ketahui bahwa kipas akan mulai berisik saat sudah berputar di atas 3.000 RPM. Bahkan dengungannya akan semakin kencang saat putaran sudah mencapai 4.000 RPM.

Anda harus sering-sering membersikan komputer atau PC dari debu karena debu yang menyumbat pada kipas berpotensi membuat kipas sangat berisik. Jika langkah dasar tersebut sudah dilakukan, Anda bisa melakukan langkah lanjutan agar komputer atau PC Anda bisa bebas dari suara bising tersebut. Anda bisa menggunakan software untuk mengurangi suara kebisingan komputer. Cara ini dapat dilakukan dengan mengatur kecepatan RPM kipas.

Kecepatan dapat diatur melalui BIOS komputer. Untuk menggunakan BIOS Anda bisa menekan tombol delete atau F2 pada keyboard saat komputer sedang booting. Kemudian, Anda bisa mulai mencari menu yang terkait dengan fan atau kipas angin. Secara default, menu fan diatur disable dan Anda bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan.

BIOS komputer akan mengatur putaran kipas berdasarkan temperatur prosesor. Jika temperatur prosesor meningkat maka putaran kipas juga akan meningkat begitu pula sebaliknya. Secara spesifik, fan atau kipas akan berputar pada kecepatan antara 2.000 hingga 3.000 RPM ketika temperatur prosesor di bawah 65 derajat.

Cara kedua adalah dengan mengganti hardwarenya dalam hal ini adalah kipas. Anda bisa mengganti ukuran kipas normal dengan kipas yang lebih besar. Ukuran yang bisa Anda gunakan adalah kipas dengan ukuran 120mm. Dengan mengganti kipas ukuran besar maka baling-balingnya tidak perlu berputar keras jika dibandingkan dengan kipas ukuran kecil.

Hasilnya, Anda tidak perlu mendengar suara bising karena kipas berputar kencang. Pilihlah heatsink yang terbuat dari tembaga. Ini karena heatsink dari tembaga lebih bisa menyerap dan menyebarkan panas jika dibandingkan dengan heatsink yang terbuat dari aluminium.

Anda tidak perlu repot mencari atau memadukannya karena Anda sudah bisa menemukan modul atau kit heatsink yang semacam ini. Semoga dengan cara seperti ini, Anda bisa mengurangi kebisingan komputer atau PC. Walaupun terlihat sepele tapi jika bising tersebut tidak diatasi maka akan mengganggu Anda dalam beraktivitas khususnya saat menggunakan perangkat tersebut.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *