Cara menghindari Blog Supaya Tidah Di Hack

By on July 3, 2015
2.Ancaman Serius dari Kelompok Hacker bagi Pebisnis dan Investor2

Kegiatan para cracker yang belakangan ini kerap menyerang blog yang berbasis WordPress memang kian meresahkan. Melihat kondisi ini, apakah ini berarti kalau WordPress sudah tidak aman lagi? Pada dasarnya, WordPress sendiri sebenarnya sangat aman karena CMS ini secara khusus memang dibuat untuk kenyamanan penggunannya, maka dari itu segi keamanannya juga apsti terjamin?

Lantas, kenapa blog saya selalu bisa ditembus sama orang-orang yang ngakunya hacker tersebut?

Pada dasarnya, orang-orang iseng ini bukan menyerang lewat CMS wordpress yang anda pakai, tapi itu karena anda penggunaan theme yang tidak aman (free atau nulled/bajakan) dan plugin yang tidak aman. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena anda malas update theme atau plugin atau bahkan CMS WordPress sendiri, maka sangat pantas kalau akhirnya orang-orang iseng ini dengan mudah akan mengobok-ngobok blog kesayangan anda.

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga supaya blog anda tetap aman, sebaiknya anda melakukan beberapa tips berikut ini yang harus suah anda masukan kedalam check list pemeliharaan blog.

  • Coba pasangan plugin security untuk keamanan blog anda, anda bisa menggunakan WP firewall 2 ataupun menggunakan Limit Login Attempt.
  • Hindari penggunaan plugin dan theme bajakan, terlebih theme atau plugin tersebut disebarkan lewat forum-forum.
  • Jangan lupa hapus semua theme yang tidak terpakai, terkecuali theme bawaan WordPress.
  • Kalau theme yang kita pakai menggunakan timthumb.php, sebaiknya anda pastikan kalau anda menggunakan versi terbaru (selalu update). Kalau tidak, sebaiknya ganti theme saja.
  • Kalau anda menerima notifikasi update, baik itu update wordpress, plugin dan theme, maka segera lakukan update. Kalau sehari saja anda terlambat melakukan update, maka web anda akan menjadi sasaran empuk orang-orang iseng yang mengincar blog anda.
  • Backup database anda secara berkala sesuai dengan frekuensi update blog anda. Contohnya saja update sehari sekali, maka sebaiknya anda backup database anda seminggu atau lebih baiknya 3 hari sekali.
  • Sebaiknya anda mengubah password Cpanel dan juga login wordpress anda secara berkala, paling tidak anda harus mengubahnya sebulan sekali.

 

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *