Cara Menghemat Baterai Kamera Pocket

By on June 20, 2013
Cara-Menghemat-Baterai-Kamera-Pocket-1

Saat sedang berwisata ke tempat yang dipenuhi dengan pemandangan yang indah, rasa ingin mengabadikan setiap panorama indah tersebut pasti akan muncul dalam benak setiap orang. Namun terkadang ada juga rasa was-was, terlebih jika baterai kamera yang dibawa hanya satu-satunya. Jika baterai kamera sampai habis, maka habis sudah kesempatan untuk mengabadikan setiap momen istimewa di tempat tersebut. Bagi mereka yang gemar berwisata dan tidak memiliki baterai kamera cadangan, tips berikut ini tentu akan sangat berguna dalam menghemat baterai kamera pocket.

Matikan Fitur-fitur yang tidak Berguna

Untuk menghemat konsumsi baterai, sebaiknya matikan saja beberapa fitur yang tidak atau jarang digunakan. LCD adalah salah satu bagian kamera yang memakan banyak daya listrik. Untuk mengurangi konsumsi daya LCD, usahakan untuk mematikan fitur ini. Namun hal ini tentu hanya bisa dilakukan untuk kamera yang memiliki viewfinder manual. Mematikan image stabilizer atau vibration reduction juga dapat menghemat baterai bahkan memungkinkan kamera untuk tetap bertahan hidup hingga 20% lebih lama. Fitur ini memang sangat bermanfaat. Namun jika dari awal Anda memang sudah berencana untuk mengambil banyak gambar, lebih baik fitur ini dimatikan daripada Anda harus cepat-cepat pulang hanya karena baterai yang Anda pakai sudah habis terpakai.

Setiap kamera tentu telah dibekali dengan flash. Flash ini memang sangat bermanfaat untuk memberikan pencahayaan tambahan. Akan tetapi penggunaan flash sesungguhnya memang sangat memboroskan baterai. Untuk itu jika memang tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik flash dimatikan. Jika Anda memang membutuhkan pencahayaan tambahan, Anda bisa menaikkan setting ISO agar kebutuhkan akan flash dapat dikurangi. Pada beberapa kamera sudah terdapat fitur sensor cleaning. Fitur ini akan diaktifkan secara otomatis setiap kali kamera dinyalakan. Agar baterai tidak terkuras hanya untuk menyalakan fitur ini, sebaiknya matikan fitur sensor cleaning ini. Untuk mematikannya Anda bisa melakukan perubahan setting pada bagian menu konfigurasi kamera.

Memotret dengan Cerdas

Cara-Menghemat-Baterai-Kamera-Pocket-2

Menghemat baterai kamera tidak hanya bisa dilakukan dengan mematikan beberapa fitur yang tidak berguna saja. Selain mematikan beberapa fitur yang jarang digunakan, Anda juga harus bersikap cerdas dalam penggunaan kamera. Cukup potret objek yang memang benar-benar menarik saja. Pikirkan betul-betul apakah objek tersebut memang ingin Anda jepret. Ingat kembali tujuan Anda membawa kamera. Momen seperti apa yang sebenarnya ingin Anda abadikan. Untuk itu usahakan untuk lebih selektif dalam memilih objek yang akan difoto.

Tips supaya kamera poket hemat baterai berikutnya adalah dengan mematikan kamera setiap kali selesai digunakan. Saat ini kebanyakan kamera memang telah dilengkapi dengan fitur auto off. Namun jangan tunggu sampai kamera mati sendiri. Setiap kali selesai memotret suatu objek, sebaiknya langsung matikan kamera. Jika ada objek lain yang ingin difoto, barulah kamera dinyalakan kembali

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *