Cara Menggunakan Android dengan Memori yang Kecil

By on December 5, 2013
4.Cara Menggunakan Android dengan Memori yang Kecil2

Anda patut waspada jika ternyata internal handphone Android Anda sudah penuh. Masalah yang akan sering timbul akibat internal yang penuh adalah error. Biasanya, Android Anda akan langsung berhenti bekerja secara otomatis termasuk tidak bisa menginstal aplikasi.

Lalu, apa saja yang sebaiknya Anda lakukan jika memang handphone Android Anda sangat minim hardware. Sebenarnya, ada beberapa cara menggunakan Android tipe lama Anda tersebut. Memang, untuk mengakali memori internal yang minim tersebut tidak mudah dan bahkan seperti tidak mungkin.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan antisipasi. Caranya adalah melakukan rooting pada ponsel kesayangan Anda tersebut. Setelah melakukan rooting, Anda bisa langsung melakukan bloatware untuk mengantisipasi problem error tersebut. Untuk proses ini, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang dikenal dengan nama Titanium.

Kelemahan aplikasi ini adalah ponsel Anda tidak akan mendapatkan ruang penyimpanan tambahan. Aplikasi ini juga tidak memberikan aplikasi mana saja yang seharusnya Anda hapus karena tidak terlalu berguna. Tapi keunggulannya adalah soal custom ROM. Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak aplikasi custom ROM yang tersedia.

Gunakan aplikasi tersebut asalkan ruang penyimpanannya sesuai dengan ponsel yang Anda gunakan. Cara lainnya adalah jangan Sync kontak apapun ke jejaring sosial seperti Facebook termasuk aplikasi apapun. Hal ini sangat memberatkan ponsel Anda. Perlu Anda tahu bahwa tanpa sinkronisasi tersebut tempat yang dibutuhkan memang sangat besar.

Akan lebih baik jika melakukan Sync nomer kontak Anda ke Google. Jika ini Anda lakukan maka setidaknya Anda hanya memerlukan ruang sekitar 5 hingga 10 MB.  Anda bisa menghapus kontak yang ada di perangkat kemudian re sync kembali ke Google. Untuk cara menggunakan Android dengan memori yang kecil adalah dengan menggunakan aplikasi yang versinya paling kecil.

Contohnya adalah Anda bisa mengganti aplikasi Facebook yang memang memakan ruang banyak dengan TinFoil, Atrium, Friencaster dan Stream Pro. Google Play juga sudah menyediakan banyak sekali aplikasi yang kecil. Sebagai pelengkap gunakan juga aplikasi AppMonster atau App2SD. Dengan aplikasi ini,

Anda bisa mengetahui jika aplikasi yang Anda gunakan sudah bisa dipindah ke SD Card. Masih ada cara menggunakan Android dengan memori yang kecil yaitu dengan mengembalikan aplikasi bawaan ke versi aslinya. Faktanya, aplikasi bawaanlah yang menghabiskan memori Android Anda. Parahnya, aplikasi tersebut sering mengupdate secara otomatis jika ada versi yang baru.

Bahkan, aplikasi semacam ini tidak bisa dihapus ataupun diuninstall. Cara terbaik adalah mengembalikan ke versi awalnya saja. Jika terjadi update otomatis maka Anda tinggal menggantinya ke versi awalnya.

Intinya, Anda bisa menghentikan jika aplikasi tersebut meminta Anda untuk melakukan update. Jadi, selamat mencoba dan semoga Android Anda tetap bisa berjalan maksimal walaupun dengan memori yang kecil.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *