Cara Mengamankan Akses iPad Dari Jangkauan Anak

By on January 16, 2014
ipad 3

Bagi Anda, iPad mungkin sudah menjadi bagian hidup. Dengan iPad, segalanya menjadi lebih mudah. Berbagai aplikasi dan fungsi office sangat membantu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hanya saja, Anda harus waspada jika Anda mempunyai anak yang masih kecil. Rasa ingin tahu dari anak pasti menjadikan iPad Anda sebagai sasaran. Apalagi dengan aplikasi atau permainan yang menarik di dalamnya. Beberapa tips dan trik akan dipaparkan agar iPad Anda aman dari jangkauan anak anda.

Saat ini banyak manfaat teknologi terhadap anak. Namun seiring dengan manfaat tersebut, terdapat pula bahayanya. Teknologi bisa membuat perkembangan otak anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, teknologi juga bisa membuat anak salah arah dalam perkembangan psikologisnya. Hilangnya waktu bersosialisasi dan kemungkinan mengakses aplikasi atau file yang tidak pantas menjadi bahayanya. Anda sebagai orang tua harus mendampingi anak ketika dia mengakses iPad ini.

Selain kedua masalah tersebut, anak dengan rasa keingintahuannya biasanya mencoba-coba untuk menjalankan aplikasi. Beberapa orang tua pernah mengeluh bahwa mereka mengalami tagihan kartu kredit yang membengkak. Setelah diselidiki, ternyata membengkaknya tagihan tersebut disebabkan oleh transaksi dalam  AppStore. Anak-anak mereka menjalankan permainan dalam iPad yang berbayar. Jika Anda luput dalam mengawasinya, Anda berpotensi mengalami tagihan dalam penggunaan fasilitas tersebut.

ipad, anak, tablet, apple, gadget, akses ipad

Untuk menangkalnya, Anda harus memproteksi iPad Anda dari jangkauan anak-anak. Terutama bagi Anda yang sudah mendaftarkan kartu kredit ke dalam Apple ID. Anda bisa mengaktifkan password lock demi keamanannya. Jika anak Anda memasukkan password sebanyak 10 kali dan salah, iPad Anda menjadi tidak berfungsi. Jangan khawatir karena Anda dapat merestart iPad Anda untuk bisa menggunakannya kembali. Selain itu Anda juga bisa menggunakan auto lock. Pilihlah auto lock yang paling cepat agar anak Anda tidak dapat menunggu Anda lengah.

Rasa keingintahuan anak juga ada pada fitur chat atau email. Dengan bisa mengetik percakapan, fitur chat memang paling mudah untuk dijalankan. Meskipun anak Anda belum paham tentang kata-kata, namun dia bisa saja mengetik pesan sembarang. Pesan yang dihasilkan juga terkadang ‘aneh’. Jangan sampai pesan ini kemudian terkirim ke atasan Anda. Selain fitur chat, fitur pemutar video juga rentan eksplorasi anak. Video atau browser bisa berbahaya bagi anak karena dapat menampilkan konten yang tidak sesuai usianya. Untuk mengatasinya, iPad mempunyai fasilitas ‘child lock’ bernama Restriction.

Dalam mencegah anak Anda melakukan transaksi virtual, Anda juga bisa mengaturnya. Caranya dengan non-aktifkan In-App Purchases. Sedangkan jika Anda khawatir anak Anda menghapus aplikasi penting, ada juga caranya. Anda bisa menonaktifkan pengaturan ‘Deleting Apps’. Kemudian atur juga konten di browser jika Anda memilih menampilkan browser di homescreen.  Anda dapat mengatur lalu lintas data yang melalui server. Ini sebagai upaya menghindarkan anak-anak dari akses situs dewasa.

Caranya adalah dengan mengatur ‘Allowed Websites’. Tempatnya ada di dalam Restriction juga. Upaya lain untuk menghindarkan anak Anda dari dampak negatif iPad adalah dengan mengatur konten. Aturlah konten dari pihak ketiga dan instal game sesuai umur anak anda. Dengan mendampingi dan mengawasi, Anda tetap dapat mengenalkan teknologi kepada anak Anda.

 ipad, anak, tablet, apple, gadget, akses ipad

BACA JUGA:

Trik Penggunaan iCloud Keychain

Intel Luncurkan Tablet Android Tercanggih

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *