Cara Menanggulangi Handphone yang Terendam Air

By on September 13, 2013
4. Cara Menanggulangi Handphone yang Terendam Air (2)

Banjir kerap kali menyerang Jakarta, apalagi di musim penghujan sekarang ini. Genangan air ada di mana-mana, terutama di jalan-jalan yang becek dan berlubang. Begitu juga di dalam rumah, semuanya basah, bahkan perabot rumah pun juga penuh air kotor. Di saat seperti ini, hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Telepon selular kesayangan Anda bisa saja jatuh dan masuk ke dalam air, jika telepon genggam Anda tidak memiliki teknologi tahan air maka akan fatal akibatnya. Apabila hal ini terjadi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut langkah-langkah menarik mengenai cara menanggulangi handphone yang terendam atau terkena air.

1.     Segera ambil handphone

Ambil handphone Anda segera lalu matikan. Air bisa dengan mudah masuk ke dalam celah-celah ponsel Anda. Oleh karena itu, apabila hal ini terjadi langsung ambil handphone Anda dan matikan, guna menghindari arus pendek. Jangan sesekali menghidupkan handphone anda kembali, apabila belum benar-benar kering..

2.     Keringkan handphone dan lepas semua komponen

Komponen di dalam ponsel bisa tetap selamat, asal tidak ada aliran listrik dari baterai. Oleh karena itu segera Anda ambil handuk atau kain, lalu keringkan semua komponen ponsel Anda. Lepas semua komponen sebelum Anda keringkan, termasuk headphone dan casing. Segala macam aksesori bisa mengendapkan air dalam ponsel Anda. Untuk mengecek kerusakan telepon genggam, Anda bisa melihat kotak kecil berwarna putih di sekitar tempat baterai diletakkan. Apabila warnanya bukan putih tetapi berubah menjadi pink atau merah, bisa dipastikan ada kerusakan fatal pada handphone Anda.

4. Cara Menanggulangi Handphone yang Terendam Air

3.     Pisahkan memory card dan SIM card

Untuk menghindari hilangnya informasi yang tersimpan, segera lepas memory card dan SIM card. Kerusakan-kerusakan tak terduga masih bisa terjadi, meskipun keduanya bisa dibilang tahan air. Segera keringkan memory card dan SIM card setelah dikeluarkan. Jangan pasang keduanya sebelum ponsel benar-benar kering.

4.     Keringkan lagi dan coba gunakan penyedot debu

Coba untuk keringkan lagi dengan kain untuk memastikan lagi. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa air. Namun jangan terlalu dekat, karena bisa merusak ponsel Anda. Apabila tidak ada vacuum cleaner, Anda bisa merendam handphone Anda di dalam beras semalaman.

5.     Coba hidupkan kembali

Setelah semua usaha keras, coba hidupkan kembali handphone Anda. Pastikan semua komponen sudah kering sebelum Anda merakitnya kembali. Apabila masih tidak bisa menyala, coba charge baterai handphone Anda dahulu. Jika masih tidak berhasil, mungkin ada kerusakan pada baterai. Apabila semua metode di atas gagal, berarti ada kerusakan fatal. Bawalah handphone ke tempat servis profesional. Akan berbahaya apabila mencoba membongkarkan sendiri, karena adanya bahan kimia berbahaya atau sengatan listrik dari dalam ponsel.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *