Cara Membuat Symlink di Komputer

By on January 1, 2014
5.Cara Membuat Symlink di Komputer.1

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah ‘hard link’ atau ‘soft link’. Soft link digunakan untuk mempercepat pencarian sebuah file dan direktori. Soft link atau symlink merupakan file yang mengandung referensi untuk masuk ke file atau direktori khusus.  File symlink mengandung satu jalur dari file yang akan dituju.

Dengan bantuan Symlink, Anda tinggal double klik pada link tersebut untuk masuk ke file atau direktori tanpa harus membuka folder – folder utama di mana file diletakkan.

Jika melihat fungsinya, symlink hampir sama dengan shortcut. Pada dasarnya, prinsip kerja keduanya adalah sama. Bedanya, shortcut selalu menggunakan jalur absolut sedangkan symlink bisa absolut dan relatif. Pada symlink, semua software dapat dijadikan target.

Kinerja symlink paling didukung oleh sistem operasi seperti Linux. Namun, sistem operasi Windows saat ini juga sudah mulai mendukung symlink. Sementara itu, pada sistem operasi dari Mac, Apple telah menawarkan fitur yang sama bernama ‘alias’.

Untuk membuat symlink di Windows dengan mudah, ada sebuah software yang dapat membantu Anda yaitu Shell Link Extension. Untuk menjalankan software ini, Anda juga memerlukan software pendukung lagi yaitu Visual Studio Redistributable. Untuk memilih versi kedua software ini sebaiknya sebaiknya disesuaikan dengan komputer Anda agar kinerjanya tidak terganggu.

Selain dengan software pendukung, symlink juga dapat dibuat dari Command Prompt. Bagi programmer, cara ini mungkin cukup mudah. Namun, bagi user yang belum fasih bahasa komputer, cara ini mungkin cukup sulit.

symlink

Symlink Dengan Software

Untuk membuat symlink dengan bantuan Shell Link Extension, berikut ini langkah – langkahnya

1. Pertama-tama, tentukan file atau direktori yang akan dijadikan target symlink

2. Klik kanan file atau direktori tersebut. Klik pilihan ‘Pick Link Source’. Sekarang, file atau direktori yang dipilih telah menjadi sumber link yang akan digunakan sebagai path. Jika Anda ingin membatalkannya, klik kanan lagi kemudian pilih ‘Cancel Link Creation’

3. Tentukan di mana Anda ingin meletakkan symlink. Klik kanan pada lokasi yang diinginkan

4. Pilih Drop As kemudian pilih pada Symbolick Link. Nanti akan muncul folder yang identik dengan sumber link yang telah Anda pilih tadi. Nah, Anda sekarang sudah bisa menggunakan symlink tersebut

Symlink Dari Command Prompt

Jalankan command promt dari Start Menu . Dengan memulai kerja command promt ini, Anda bisa membuat symlink dengan memilih file tersebut pilih Run as administrator. Setelah tab command prompt terbuka, ketikkan formula berikut ini:

“Mklink /prefix link_path file/folder_path”

/D – untuk membuat soft symlink yang sama dengan folder standar atau shortcut pada Windows. Prefix ini adalah default option. Prefix ini akan digunakan mklink jika Anda tidak memasukkan prefix apapun

/H – Membuat hard link untuk file

/J – Membuat hard link untuk direktori atau folder

 symlink

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *