Cara Ektrak File dari Google Play Store ke Format APK

By on September 24, 2014
Android-Applications

Harus diakui, masih banyak pengguna smartphone Android yang tidak mau repot untuk mengunduh sebuah aplikasi langsung dari Google Play Store. Kebanyakan mereka akan cenderung lebih suka mencari file yang berformat APK yang bayak dijajakan di forum-forum dunia maya. Apalagi file-file tersebut dinilai lebih mudah untuk dibagi dan diinstal ulang kalau terjadi apa-apa pada smartphone mereka.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut. sekarang anda pun sudah bisa mengubah aplikasi hasil download langsung dari Google Play ke dalam file format APK, apalagi kalau anda memang memiliki lebih dari satu smartphone Android dan ingin menginstal aplikasi yang sama untuk smartphone Android anda. Memiliki aplikasi dalam format file APK juga akan berfungsi sebagai backup ketika aplikasi aslinya dibuang dari Google Play Store. Kondisi ini pernah terjadi pada game populer Flappy Bird beberapa waktu yang lalu.

Bagaimanakah mengubah File dari Google Play ke file APK?

Cara mengubah aplikasi hasil instal dari Google Play kedalam format file APK ini bisa dibilang cukup mudah, tapi sayangnya cara ini hanya bisa anda lakukan pada aplikasi yang bersifta gratis saja. hal tersebut karena aplikasi-aplikasi yang berbayar, kebanyakan sudah diproteksi secara khusus supaya tidak mudah dibajak dan disebarluaskan oleh pengguna yang iseng.

Pertama, buka halaman Google Play Store pada smartphone anda dan unduh aplikasi yang Anda inginkan tersebut. Kalau anda akan mendownload aplikasi yang berukuran besar, sebaiknya anda gunakan koneksi internet Wi-Fi supaya proses download ini menjadi lebih cepat dan lebih stabil.

Kedua, siapkan aplikasi APK Extractor yang kini sudah tersedia tersedia gratis di Google Play Store. Setelah itu, buka apliaksi APK Extractor tersebut dan pilih aplikasi yang ingin Anda ubah menjadi file berformat APK tersebut. kalau anda ingin memilih lebih dari satu aplikasi, maka anda harus menekan aplikasi-aplikasi tersebut dalam waktu yang lebih lama supaya apliaksi-aplikasi tersbeut masuk dalam list yang akan di tranfer.

Ketiga, tunggu prosesnya selesai. Biasanya ini akan memakan waktu beberapa menit saja, tergantung dari kecepatan smartphone anda dan besarnya aplikasi yang akan di ektrak tersebut. setelah seluruh proses selesai, file-file yang berformat APK dari aplikasi yang Anda pilih tersebut kini sudah tersedia dalam sebuah folder khusus dalam memori internal. Bisanya dolder tersebut bernama ExtractedApks.

Sekarang, anda sudah bisa membagikan aplikasi yang berformat APK tersebut ke smartphone Android lainnya, atau bisa juga anda gunakan sebagaia backup ketika kasus game populer Flappy Bird menimpa apliaksi pavorit anda.

Sebagai catatan, banyak terjadi kesalahan ketika anda melakukan proses ektrak file ke Format APK, diantaranya proses yang belum selesai atau tidak sempurna. Biasanya ini diakibatkan beberapa hal, seperti smartphone hadrware smartphone anda bermasalah, smartphone terlalu berat, atau kondisi lainnya yang terkadang akan menyebabkan corrupt. Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak mengektrak file dalam jumlah yang terlalu banyak.

 2a Inilah Aplikasi Android paling Ngetop Pekan Ini

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *