Blue Screen di Windows 10 Makin Keren dan Informatif

By on April 14, 2016
Acer Windows 10 1

Kalau anda pengguna Windows, sudah tentu akrab dengan penyakit lama yang namanya Blue Screen of Death atau yang biasa kita sebut dengan Blue Screen. Biasanya, penyakit ini akan muncul ketika komputer mengalami crash. Kalau sudah begini, mau tidak mau restart menjadi solusinya.

Biasanya tidak banyak yang bisa dilakukan ketika layar mengerikan ini tiba-tiba muncul saja muncul dihadapan kita. Kadang kala, serangkaian penjelasan yang muncul di Blue Screen pun sukar dimengerti, dan bahkan memberi jawaban yang klise.

Lantas, bagaimana dengan Blue Creen di Windows 10?

Dalam pembaruan untuk Windows 10 berikutnya, baru-baru ini mengumumkan jika Microsoft akan menghadirkan Blue Screen tersebut tampil lebih keren dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna.

Uniknya lagi, tampilan baru Blue Screen ini dinilai keren karena bisa membantu pengguna mencari penyebab pasti ketika sistem crash. Hal ini berbeda dengan tampilan Blue Screen sekarang ini yang banyak membuat pengguna kebingungan dan sulit untuk memahaminya.

Seperti dilansir dalam The Inquirer, bantuan yang dimaksud dalam Blue Screen tersebut adalah QR Code yang bisa dipindai melalui ponsel. Nantinya, QR Code ini akan diisi dengan URL yang akan mengarahkan pengguna ke laman Microsoft, lengkap dengan penjelasan mengenai penyebab masalah.

Blue Screen Windows 10

Kehadiran QR-Code Blue Screen ini sendiri terungkap ketika Windows 10 Insider Preview build 14316 muncul ke permukaan. Update build tersebut terlihat berada di bawah karakter smiley ASCII dengan bentuk wajah sedih.

Untuk sementara, QR Code yang tersebut hanya menuju URL windwos.com/stopcode. Untuk nantinya, Microsoft berjanji akan menyediakan laman khusus berisi informasi lebih detail mengenai penyebab terjadinya Blue Screen dan soluis yang bisa diberikan.

Bagaimana menurut anda tentang tampilan Blue Screen baru ini? nggak hanya keren kan, tapi cukup informatif juga?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *