Berbagai Penyebab Laptop Menjadi Lambat yang Wajib Anda Ketahui

By on October 31, 2013
5. Berbagai Penyebab Laptop Menjadi Lambat yang Wajib Anda Ketahui1

Jika Anda menjalankan kegiatan sehari-hari Anda menggunakan laptop, mengetahui berbagai penyebab laptop menjadi lambat adalah sesuatu yang tentunya wajib Anda lakukan. Daya tahan laptop memang berbeda dengan daya tahan komputer sehingga terkadang laptop menjadi lambat dan Anda pasti kesal jika tiba-tiba laptop yang Anda gunakan menjadi lambat. Penyebab lambatnya kinerja laptop sendiri meliputi berbagai faktor sehingga Anda harus mengenali kendalanya lebih dulu sebelum memperbaiki laptop yang tiba-tiba menjadi lambat. Berikut adalah penyebab-penyebab mengapa laptop menjadi lambat yang harus Anda ketahui jika Anda adalah pengguna laptop.

Terdapat Terlalu Banyak Program Saat Startup

Pada laptop maupun komputer, startup adalah program yang akan dengan sendirnya aktif saat laptop untuk pertama kalinya dinyalakan. Oleh karena itu, semakin banyak program yang aktif ketika saat startup, akan semakin lambat pula loading yang dilakukan oleh laptop Anda. Untuk mengetahui berapa banyak program yang aktif di laptop Anda pada saat restart, Anda bisa mengetik msconfig pada menu Run di laptop Anda.

Laptop Terlampau Panas Karena Kerja yang Berat

Selain banyaknya program yang aktif pada saat startup, penyebab lain lambatnya kinerja laptop yaitu karena laptop terlalu panas. Jika laptop kepanasan, kinerja laptop tersebut bisa melambat dan panasnya laptop sendiri bisa disebabkan oleh kerja laptop yang terlampau berat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba menggunakan cooling pad agar laptop Anda senantiasa dingin ketika Anda menggunakannya.

Laptop Terkena Virus

Seperti yang sudah diketahui oleh sebagian besar pengguna laptop atau komputer, serangan virus dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Untuk mengatasinya, Anda tinggal menginstall antivirus pada laptop Anda sehingga virus dari laptop lain maupun dari internet tidak bisa masuk ke laptop Anda.

5. Berbagai Penyebab Laptop Menjadi Lambat yang Wajib Anda Ketahui3

Ada Terlalu Banyak Antivirus yang Terpasang di Laptop

Tidak diragukan lagi, antivirus dapat melindungi laptop Anda dari serangan virus namun Anda tidak boleh memasang terlalu banyak antivirus di laptop Anda. Pasalnya, jika ada terlalu banyak antivirus terpasang di laptop Anda, hal tersebut juga bisa menjadi penyebab mengapa laptop Anda menjadi lambat. Untuk itu, Anda harus memastikan untuk memilih satu antivirus yang sudah Anda percaya dan yang paling penting, Anda harus selalu meng-update antivirus yang Anda gunakan tersebut.

Terjadi Masalah Pada Hardisk

Salah satu dari penyebab laptop menjadi lambat yang wajib Anda ketahui selain berbagai penyebab yang telah disebutkan tadi yaitu terjadinya masalah pada hardisk laptop Anda. Penyebab masalah pada hardisk sendiri bisabisa beragam, seperti, misalnya, laptop terbentur tau terguncang ketika dibawa bepergian, dan lain sebagainya. Alasannya adalah karena guncangan dan benturan dapat membuat hardisk laptop Anda badsector. Selain benturan atau guncangan, terlalu sering menginstall atau uninstall program juga dapat menimbulkan gangguan pada hardisk laptop Anda.

Laptop Kekurangan Memori

Bagaimanapun juga, memori memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja laptop dan dengan begitu, kekurangan memori juga dapat menjadi penyebab mengapa laptop Anda menjadi lambat. Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan kemampuan memori laptop yang Anda gunakan.

Ada Terlalu Banyak Program yang Terinstal di Laptop

Satu hal lain yang bisa menjadi penyebab mengapa laptop Anda menjadi lambat yaitu ada terlalu banyak program yang terinstall di laptop Anda. Terlalu banyak program bisa memperlambat kinerja laptop Anda apalagi jika program yang terinstall dan berjalan adalah program yang berjalan secara realtime seperti firewall, antivirus, dan program-program lainnya. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan program yang penting dan Anda perlukan saja demi kelancaran kinerja laptop Anda. Singkat kata, jika Anda tidak ingin laptop Anda menjadi lambat, Anda harus tahu berbagai penyebab laptop menjadi lambat supaya Anda bisa mencari solusi yang tepat jika sewaktu-waktu laptop Anda menjadi lambat.

5. Berbagai Penyebab Laptop Menjadi Lambat yang Wajib Anda Ketahui2

About

One Comment

  1. LaptopCara

    June 5, 2016 at 10:21 pm

    terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *