Benarkah BBM untuk Android Akan Diberhentikan?

By on November 22, 2013
3. Benarkah BBM untuk Android Akan Diberhentikan1

Baru-baru ini beredar kabar tidak sedap yang membuat gelisah para pengguna BlackBerry dan Android. Kabarnya, layanan BlackBerry Messenger yang bisa diakses via Android akan dihentikan mulai 1 Desember. Benarkah?

Isu ini cukup ramai diperbincangkan di dunia maya yang notabene adalah tempat untuk mengakses berbagai informasi. Isu ini sebenarnya tidak akurat, karena hanya berdasarkan “katanya”. Namun, isu ini sudah menyebar dengan cepat.

Awal mula isu ini sebenarnya berasal dari broadcast message yang muncul di BBM. Selanjutnya pesan ini mulai menyebar di Twitter, dan akhirnya menjadi perbincangan hangat para user. Seperti apa pesan yang beredar di Twitter itu?

Kebanyakan isinya adalah mengenai “himbauan” untuk para pengguna Android, yakni untuk memuaskan menggunakan aplikasi BBM di Android, karena mulai tanggal 1 Desember 2013 nanti, aplikasi ini akan dihapuskan. Bahkan pesan-pesan yang beredar itu juga menyebutkan kalau BlackBerry sudah mengganti rugi 2,8 T dan tidak akan menjual aplikasinya untuk Samsung. Jika Anda ingin menemukan tweet-tweet lain, ketik saja kata kunci BBM 1 Desember pada kotak pencarian.

Namun apakah kabar ini benar atau hanya sekedar isu semata? Setelah dikonfirmasi, kabar ini ternyata hanya hoax alias bohong. Begitu seperti yang dikatakan oleh Yolanda Nainggolan selaku PR Manager BlackBerry Indonesia. Menurutnya, pihaknya tidak mengumumkan hal itu sama sekali.

Sebenarnya, pihaknya sudah mengetahui isu BBM untuk Android yang akan dihentikan tersebut. Pihaknya juga sudah mengimbau kepada para user BBM untuk tidak mempercayai hoax ini. Yolanda juga menambahkan bahwa pihaknya menemukan temuan yakni tweet dengan link agar terlihat meyakinkan, namun ternyata setelah ditelusuri, link-nya tidak berhubungan dengan yang topiknya.

Memang tautan itu biasanya hanya menuju ke situs internet yang menyediakan artikel yang tidak memiliki informasi yang jelas. Terkadang link-nya itu juga dihubungkan dengan thread forum yang tidak ada informasi mengenai pernyataan resmi bahwa BBM untuk Android akan dihapuskan.

Memang BBM untuk Android ini baru resmi rilis pada 22 Oktober lalu. Sebenarnya aplikasi ini juga sempat tertunda karena masalah teknis. Setelah peluncuran resminya, aplikasi ini menjadi sangat populer di Google Play Store. Sementara itu, BBM untuk iOS yang hampir sama waktu peluncurannya juga menjadi populer di took Apple App Store.

Hm, setidaknya kabar bohong ini sudah berhasil membuat gelisah para user BBM. Hal ini dapat dilihat dari berbagai thread forum yang membicarakan mengenai akan dihapusnya aplikasi BBM untuk Andoid ini. Kabar ini nampaknya berasal dari pihak yang tidak bertanggungjawab dengan alasan tertentu.

Maka, untuk para user BBM, ada baiknya untuk tidak langsung percaya pada kabar apapun jika belum ada konfirmasi resmi dari pihak yang bersangkutan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *