Baterai Ponsel Tahan Seminggu – Apakah Bisa?

By on June 15, 2014
2. Baterai Ponsel Tahan Seminggu - Apakah Bisa 2

Sampai saat ini masalah yang belum bisa dipecahkan oleh semua vendor ponsel adalah baterai yang tidak bisa bertahan sampai sehari atau dua hari. Semua smartphone bisa dipastikan boros baterai dan dalam sehari pengguna smartphone bisa mencharge perangkat mereka sampai 3-4 kali dan masih juga membawa power bank untuk menyimpan daya.

Hal tersebut membuat Microsoft tertantang untuk membuat baterai ponsel tahan seminggu. Jika sudah ada solusi masalah baterai ini maka perkembangan smartphone pasti akan jauh lebih maju daripada saat ini. Permasalah utama kenapa baterai tidak tahan lebih dari sehari adalah hardware dan software yang boros listrik, sehingga Microsoft menyarankan agar vendor ponsel memproduksi hardware dan software yang hemat listrik.

Sampai saat ini, menurut Microsoft, yang menghambat perkembangan smartphone adalah ketiadaan terobosan yang pintar untuk memanfaatkan daya baterai dengan pintar. Dikatakan lebih lanjut jika perkembangan hardware dan software smartphone meningkat sangat cepat dan berkali-kali lipat hanya dalam beberapa tahun belakangan ini namun teknologi baterai hanya meningkat 2x lipat dalam 15 tahun terakhir.

Microsoft mengatakan bahwa tim peneliti di perusahannya sedang melakukan penelitian bagaimana cara mengoptimalisasi hardware dan software  dari sebuah perangkat agar baterai ponsel tahan seminggu dan bahkan lebih. Dikatakan lebih lanjut bahwa penelitian tersebut telah dijalankan dalam beberapa tahun belakanganini dan solusi yang saat ini dihasilkan adalah dengan membuat sistem baru yang mempergunakan dua baterai kecil.

Dengan dua baterai kecil Microsoft berkilah bahwa daya baterai akan lebih awet karena daya yang disimpan lebih banyak. Namun yang menjadi masalah adalah desain tempat baterai yang saat ini semuanya hanya untuk single baterai saja. Asumsinya dengan dua baterai yang disambung secara pararel akan memberikan daya yang stabil lebih lama dibanding dengan satu baterai saja.

Raksasa teknologi Microsoft tidak berhenti hanya dengan memanfaatkan dua baterai pada perangkat yang sama. Sebagai raksasa software yang telah merajai dunia teknologi, bisa dipastikan mereka akan menyediakan sebuah terobosan sistem operasi yang tidak banyak memakan daya baterai sehingga baterai bisa lebih awet. Impian Microsoft adalah baterai ukuran kecil dengan kemampuan yang mampu menghidupkan perangkat smartphone selama seminggu atau lebih.

Mungkin tidak mustahil bisa menciptakan sistem yang mampu menghemat daya listrik baterai, atau malah jangan-jangan nanti akan didahului teknologi baterai ponsel tahan seminggu. Apalagi baru saja ditemukan bahan yang mampu memperpanjang daya hidup baterai, yaitu dengan mencampurkan sejenis silikon pada bahan baterai yang telah diklaim mampu mengawetkan baterai smartphone 3X lipat dari daya sebelumnya. Semoga penelitian Microsoft dan perusahaan teknologi lain akan berhasil sehingga semua pengguna Microsoft tidak perlu terlalu sering mencharge baterai atau membawa power bank yang cukup berat.

baterai ponsel, ponsel, gadget, baterai, teknologi

BACA JUGA:

Layanan Whatsapp Alami Gangguan Lagi Setelah Diakuisi Facebook

Perangkat Google Glass Memicu Masalah Lagi

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *