Bagaimanakah Nasib Pengguna Nokia Setelah Nokia Menjadi Microsoft Mobile

By on April 29, 2014
3.Bagaimanakah Nasib Pengguna Nokia Setelah Nokia Menjadi Microsoft Mobile 1

Sudah lama tersiar kabar bahwa Microsoft hendak membeli Nokia dan kini seiring berjalanya waktu, Microsoft telah berhasil mengakusisi Nokia sedikit demi sedikit dan akhirnya beberapa hari yang lalu Microsoft telah melunasi pembayaran atas akusisi pabrik Nokia dan kini langsung diubah oleh Microsoft menjadi Microsoft Mobile. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana nasib pengguna Nokia setelah Nokia tidak ada dan dirubah menjadi Microsoft Mobile?

Menurut kabar berita, walau saat ini Nokia telah berganti nama menjadi Microsoft Mobile, perusahaan tersebut akan terus mempertahankan brand name dan juga produk-produk Nokia, termasuk ponsel Nokia yang berbasis android. Hal ini telah ditegaskan oleh mantan CEO Nokia yang kini menjadi manager pada bisnis perangkat keras Microsoft. Ia menegaskan hal tersebut pada sebuah surat terbuka yang dimuat dalam web resmi Nokia. Ia berkata bahwa dukungan untuk pengguna Nokia Asha dan Nokia X akan tetap diteruskan, begitu pula dengan Lumia yang telah mengadopsi Microsoft Windows Phone.

Berita ini tentu saja sedikit melegakan para pengguna ponsel nokia yang tentu sana menjadi sedikit khawatir akan adanya perubahan brandname dari Nokia menjadi Microsoft Mobile. Mereka khawatir bahwa layanan purna jual seperti service dan pembelian spare part akan menjadi terhambat. Namun dengan penegasan ini tentu saja membuang jauh-jauh kekhawatiran para pengguna ponsel Nokia.

microsoft mobile, nokia, harga ipad, akuisisi nokia, microsoft

Dengan akusisi ini maka Microsoft secara resmi menjadi induk Nokia dan Nokia salah satu dari unit bisnis Microsoft. Rancananya, pabrik yang berada di Finlandia ini akan tetap fokus pada sejumlah area bisnis yang telah lama digeluti Nokia yaitu layanan peta digital dan Lokasi (Nokia Here), bisnis pengembangan teknologi dan lisensi paten (advanced Technologies) dan infrastruktur jaringan dan layanan komunikasi (Nokia Solution and Networks).

Nokia memang telah lama dikenal tidak saja sebagai produsen ponsel yang dulu sempat menjadi paling terkenal dan paling laris di dunia, namun juga ada banya sekali produk-produk lain yang diproduksi nokia selain ponsel. Sudah banyak paten yang dibuat oleh Nokia dan oleh sebab itu maka Microsoft harus mengucurkan uang paling tidak 2,2 miliar dolar AS hanya untuk membayar lisensi paten yang telah dibuat oleh Nokia. Sementara itu untuk membayar bisnis Nokia, Microsoft harus membayar sebesar 5 Miliar dolar AS.

Dengan biaya total 7,2 Miliar maka nokia juga memboyong sekitar 25 ribu pegawai Nokia untuk dipekerjakan di Microsoft Mobile. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari rencana awal Microsoft yang hendak memboyong 32 ribu karyawan Nokia ke Microsoft. Karyawan yang hendak diboyong ini adalah bagian dari kesepakatan pembelian atau akusis Microsoft terhadap nokia yang dilakukan secara betahap sejak beberapa waktu yang lalu.

microsoft mobile, nokia, harga ipad, akuisisi nokia, microsoft

BACA JUGA:

Tahun 2014 Nokia Tinggal Kenangan

Nokia dan Sumbangan Besarnya Pada Teknologi

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *