Babak Baru Perseteruan Samsung Vs Apple

By on April 16, 2014
5. Google Bersaksi di Pengadilan Apple Vs Samsung 1

Sepertinya Samsung selalu membuat strategi yang bertujuan untuk menghadang kehadiran ponsel pintar besutan Apple iPhone terbaru di pasar global. Bahkan sebelum iPhone 5 diluncurkan pada tahu 2012 yang lalu, telah terungkap bahwa tim Samsung di Amerika Serikat sudah merancang strategi untuk menjegal iPhone 5 yang akhirnya memang menjadi kurang sukses dipasaran.

Sebuah e-mail yang sepertinya ditulis pada tanggal 5 Juni 2012 yang lalu oleh Dale Sohn, yang merupakan mantan CEO Samsung kawasan Amerika Serikat, terlihat bagaimana petinggi Samsung tersebut telah memerintahkan anak buahnya untuk segera membuat rencana perlawanan terhadap kehadiran iPhone 5 tersebut.

Dalam tulisan tersebut, Sohn memperingatkan para karyawan dengan mengatakan bahwa akan ada tsunami ketika iPhone 5 datang ke pasaran Global. Dan hal ini akan terjadi sekitar bulan September atau bulan Oktober yang akan datang, untuk itu harap persiapkan segala sesuatunya supaya berjalan lancar.

Menurut arahan dari CEO Samsung tersebut, pihaknya harus segera menyiapkan rencana perlawanan untuk segera menetralkan tsunami tersebut. Mungkin saja kata CEO yang dimaksud oleh Sohn di sini mengacu kepada JK Shin yang tak lain adalah merupakan CEO sekaligus kepala bisnis mobile di Samsung Internasional.

Dokumen pembicaraan e-mail tersebut secara khusus diungkapkan Apple dalam persidangan gugatan hukum melawan Samsung di California Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Sidang tersebut masih membahas tentang dugaan pelanggaran Samsung terhadap penjiplakan produk dari Apple.

Bahkan, Todd Pendleton, yang merupakan Chief Marketing Officer Samsung untuk kawasan Amerika Serikat, mengatakan bahwa pihaknya mengakui memang menyiapkan sejumlah strategi khusus pemasaran untuk menyambut kedatangan iPhone 5 dipasaran Global.  Tentu saja tujuan pihak Samsung selalu menjadi nomor 1 dalam segala hal yang pihaknya lakukan. Dan tujuan akhirnya adalah untuk mengalahkan semua orang, termasuk Apple dengan segudang produk terbarunya.

Tidak lama setelah itu, pihak Samsung memulai kampanye pemasaran The Next Big Thing yang sangat agresif dalam mengejek iPhone dan terus mempromosikan bahwa ponsel Samsung Galaxy merupakan produk yang yang terbaik yang berada di pasar Global.

Untuk gugatan kali ini merupakan perang paten terbesar kedua bagi kedua perusahaan tersebut setelah Apple sempat memenangkan gugatan paten pada Agustus 2012 di Amerika Serikat yang justru mewajibkan Samsung untuk membayar ganti rugi uang dalam jumlah yang sangat besar.

Untuk kali ini Apple berusaha untuk meminta pengadilan agar Samsung membayar 2 miliar dollar AS karena diduga telah melanggar beberapa paten peranti lunak dan desainnya yang mereka keluarkan. Sementara itu, pihak Samsung berpendapat Apple telah melanggar dua patennya sekaligus.

5. Google Bersaksi di Pengadilan Apple Vs Samsung 3

Pihak Apple ingin menunjukan betapa sulit mereka mengembangkan iPhone dan dengan serta-merta Samsung menconteknya dengan mudah. Sedangkan untuk Samsung ingin juri tahu bagaimana kerja keras mereka mengejar Apple dan karena itulah harus berinovasi sendiri dengan kreasi sendiri.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *